SIMALUNGUN-Sejumlah wartawan Kota Medan mengajarkan cara penulisan berita dalam sharing session pada sosialisasi pengelolaan keuangan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 (KR 5) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada santri Ponpes Modern Al Barokah di Jalan Gotong Royong Kelurahan Silinduk, Kecamatan Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Kamis (1/11/2018).

Topik penulisan berita dan opini narasumbernya langsung diajarkan oleh wartawan yang sering meliput di OJK yakni Laswie Wakid (Berita Sore), Wahyudi Siregar (Okezone.com), Wahyuni (radio smart fm), Isya (Sumut Invest) dan dari Sibolga Pos.

Sebab arus informasi di era digital ini memang tak terbendung, terutama bagi para generasi milenial yang sangat akrab dengan gadget atau gawai. Terlebih saat ini sepak terjang media sosial tidak tanggung-tanggung dalam penyebaran sebuah berita.

Berita-berita yang beredar di media massa justru sering didahului oleh berita-berita di media sosial.

Seperti yang disampaikan wartawan senior Medan, Laswiati Wakid. Laswi mengatakan saat ini banyak beredar berita dan juga hoaks yang kadang sulit dibedakan. Sehingga, harus benar-benar teliti dalam membaca sebuah berita.

"Hati-hati, jangan sampai terjebak hoaks, karena sekarang sulit dibedakan," ucapnya.

Sementara, wartawan Okezone.com, Wahyudi Siregar menerangkan perbedaan informasi, berita dan berita jurnalistik.

"Semua orang bisa membuat berita, tapi belum tentu bisa membuat berita jurnalistik, karena karya jurnalistik itu ada kriterianya, tidak sembarangan," kata dia.

Ia menjelaskan berita jurnalistik itu berasal dari kata, data dan fakta. Jadi jika hanya informasi sepihak dan tidak berdasarkan data yang sesuai kenyataan atau fakta. Karya jurnalistik, kata dia, juga tidak boleh berbau ujaran kebencian, provokasi dan lainnya.

"Nah kalau ada berita berbau hasutan, ajakan membenci dan provokatif sudah bisa dipastikan itu hoaks," ujarnya.

Sedangkan Wahyuni dari Radio Smart FM dan Sonora mengajarkan bagaimana reporter radio membuat berita dan teknik melaporkan berita secara live dari lapangan.*