PALAS - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) bekerja sama dengan pengurus pengajian Kecamatan dan Desa untuk melakukan sosialisasi pemilu 2019 dikegiatan pengajian Majelis Mustafawiyah Desa Padang Garugur Jae, Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Dihadapan Ribuan Jamaah Majelis, Ketua KPU Palas Amran Pulungan menyampaikan ceramah agama yang diselingi dengan kegiatan sosialisasi Pemilu dengan ajakan meningkatkan peran partisipatif masyarakat untuk mensukseskan Pemilu serentak 17 April 2019.

Menurut Amran, sosialisasi pemilu 2019 di kegiatan pengajian ibu ibu desa sebagai bentuk memberikan informasi yang bersentuhan langsung dengan pemilih dalam.ikut serta memaknai pentingnya mengunakan hak pilih pada Pemilu 17 April 2019.

"Memberikan informasi melalui ceramah diharapkan memberikan manfaat yang besar dalam mengubah tingkat kepekaan masyarakat dalam.pemilu sebagai hak demokrasi rakyat," katanya, Jumat (2/11/2018).

Tahapan sosialisasi menjelang pemilu 2019, KPUD Palas melakukan sosialisasi dan pendidikan politik terhadap masyarakat dengan dua metode sosialisasi atau pendidikan politik yang dilakukan melalui forum warga.

Amran menjelaskan, dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada pemilih, pihaknya bermitra dengan pemangku kepentingan dan Forum warga dan sosialisasi kunjungan ke desa-desa. Upaya ini bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pemilu.

"KPUD Palas selaku penyelenggara dalam posisi melayani setulus hati dengan semua golongan masyarakat secara adil, setara dan mematuhi aturan," ujar Amran.

Dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan politik di daerah dengan memanfaatkan forum lembaga adat atau forum warga sangat tepat karena bersentuhan langsung dengan pemilh.

Ia menambahkan, lembaga adat atau lainnya sangat kuat pengaruhnya sebagai media penyaluran sosialisasi dan pendidikan politik kepada pemilih.