TEBINGTINGGI - Pembatik Tebingtinggi Sumatera Utara akhirnya berhasil duduk di peringat 3 Nasional dalam event Tehnologi Tepat Guna (TTG) di Bali, dua pekan kemarin.

16 tahun lamanya pelaksanaan Tehnologi Tepat Guna itu telah digelar. Tahun 2018 menjadi moment prestasi bagi Kota lemang dan Provinsi Sumut saat berhasil unggul dan tampil sebagai jawara 3 besar skala nasional.

Informasi itu diurai Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan saat menghadiri acara Pencanangan Bakti Sosial (Baksos) TNI-KKBPK-Kesehatan di Halaman Kantor Koramil Jl K.F Tandean Rabu (31/10).

Terkait ketrampilan membatik,Umar mengajak kaum ibu Kartika Candra Kirana (KCK) Kodim 0204-DS untuk bekerjasama dalam proses pembuatan batik tradisional.

Selanjutnya,jika diperkenakan pelatihan para kaum ibu bhayangkari juga akan diberi bekal pelatihan sebagai peningkatan SDM sekaligus aktifitas pendukung ekonomi keluarga dan daerah.

Sebelumnya, acara yang diawali dengan pemukulan Gong mengawali acara pencanangan Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan tahun 2018. Dihadiri Temazora Zega Kepala Perwakilan BKBN Provsu, kegiatan itu dilaksanakan selama 6 (enam) bulan.

Di 5 Kecamatan, yaitu Wilayah Kecamatan Rambutan,Padang Hulu,Pasang Hilir,Bajenis dan Kecamatan Tebingtinggi Kota sudah dicanangkan menjadi kawasan Kampung KB sebagai tindak lanjut program Nasional.

Kepada Kepala Kecamatan,Umar meminta agar program itu jamgan sekedar pencanagan. Namun kiranya kepala wilayah dapat melanjutkan dengan program nyata melalui tahapan sosialisasi di masyarakat.

Moment itu menurut Umar, memiliki nilai strategis dalam rangka penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia.

Kegiatan ini akan menggerakan potensi dalam mengabdi memberikan pelayanan kepada masyarakat khusunya dalam program KB dan kesehatan.

Umar menambahkan,SDM berkualitas menjadi kekuatan untuk memanfaatkan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia yang melimpah ruah.

"KB merupakan salah satu langkah untuk menciptakan SDM berkualitas tersebut dan kesehatan dapat terjaga dengan baik, lewat asupan makanan yang bergizi dan sehat," ujarnya.

Keterlibatan TNI/Polri dalam sebuah program dipercaya akan menoreh hasil menjadi lebih baik.

Diharapkan dalam momen itu,kegiatan TNI-KKBPK Kesehatan tahun 2018,upaya pencapian peserta KB baru terutama alat kontrasepsi jangka panjang dengan sasaran pasangan usia subur paritas rendah dapat terpenuhi sehingga mampu berkontribusi positip bagi penurunan angka kelahiran.

Tahun 2015, Tebingtinggi pernah menyabet Prestasi tingkat nasional.Penghargaan dalam urusan KB yang langsung disematkan oleh Ibu Wakil Presiden Yusuf Kalla.

“Prestasi itu merupakan bagian dari peran dari kegiatan TNI-KKBPK,terima kasih kami kepada Dandim 0204 DS,atas kegiatan di Halaman Koramil,” Kata Umar.

Kegiatan itu dihadiri Dandim 0204-DS Letkol.Kav.Syamsul Bahri, Kajari Tebing Tinggi M.Novel, Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Sunadi, Wakil Ketua DPRD H.Hazly Ashari Hasibuan.

Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi dan segenap jajaran Danramil Kodim 0204-DS bersama ketua KCK.Kodim 0204-DS dan jajarannya juga ikut andil mensukseskan acara itu.***