NISEL-Polres Nias Selatan (Nisel) menggelar Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2018, Selasa, (30/10/2018).

Kasat Lantas Polres Nisel, Iptu Musa Sembiring bertindak sebagai inspektur upacara pada Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Polres Nisel, Jalan Mohammad Hatta Nomor 01 Teluk Dalam, Kabupaten Nisel, Sumatera Utara.

Kepala Koprs Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri, MSi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolres Nisel, AKBP Faisal F Napitupulu SIK MH mengatakan, Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2018, yang digelar mulai tanggal 30 Oktober hingga 12 November 2018 di seluruh Polda.

"Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan," papar Faisal.

Selain itu, mantan Kasubdit III/Jahtanras Ditreskrimum Polda Sumut ini menerangkan, dari operasi ini diharapkan disiplin masyarakat dalam berkendara semakin meningkat.

“Selain itu, dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut maka pelaksanaan operasi zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yakni meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, terwujudnya situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, (Kamseltibcar) Lantas menjelang perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019,” terang Faisal.

Berikut Prioritas Pelanggaran yang Menjadi Sasaran Operasi Zebra Tahun 2018

Pertama, Pengemudi yang menggunakan Handphone.

Kedua, Pengemudi melawan arus.

Ketiga, Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu.

Keempat, Pengemudi di bawah umur.

Kelima, Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI.

Keenam, Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/ mabuk.

Ketujuh, Pengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Sedangkan Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2018 di Mapolres Nisel ini dihadiri oleh Bupati Nisel yang diwakili oleh Setiaro Waruwu, Dandim Nias diwakili oleh Wadan Ramil Lettu Paulus Ferlando TMP Sitorus, Danlanal Nias yang diwakili Mayor Jayusman, SH, Kajari Nisel diwakili oleh Kasi Intel Satria D. Putra Zebua, personil TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Tokoh Masyarakat, dan seluruh Perwira dan Brigadir Polres Nisel.