Palas - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Padang Lawas (Palas) berharap Kejurda Tapak suci melahurkan bibit bibit atlit berprestasi dari kalangan pelajar.


Harapan itu disampaikan Ketua PD Muhammadiyah Palas Sahrin Siregar saat menutup Kejurda Tapak Suci yang dilaksanakan selama 8 hari dilokasi lapangan Futsal Desa Sibuhuan Julu, Kecamatan Barumun, Senin (29/10/2018) kemarin

Sahrin mengatakan, pencak silat merupakan bagian budaya bangsa Indonesia yang kini telah berkembang pesat baik di dalam negeri maupun mancanegara.

"Sebagai pewaris budaya bangsa kita mempunyai tanggungjawab untuk melestarikannya, supaya tetap dicintai dan dikembangkan oleh masyarakat Indonesia," katanya.

Kejurda Tapak Suci yang dilaksanakan PD Muhammadiyah melalui Budaya Seni Beladiri sebagai bentuk menguji kemampuan dalam ilmu beladiri yang membentuk karakter yang kuat dan bertaqwa.

Kata Sahrin, Kejurda ini sebagai sarana untuk mencari bibit-bibit atlet berprestasi dari kalangan dan antar pelajar.

Selain itu, tambah dia, Kejurda ini digelar sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Pencak silat yang terus dibudayakan dalam gerakan positioning dikalangan pelajaran dan generasi muda dalam pembinaan karakter.

Sebelumnya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Palas Drs.Abdul Rahim diwakili Sekretaris Zufri Nasution bersama, Kejurda ini akan melahirkan generasi muda yang tangguh dan berkualitas serta dapat mengharumkan nama daerah masing-masing.

Kejurda ini sebagai berkiprah pencak silat dan berinduk kepada IPSI, merupakan bagian dari gerakan dakwah yang ingin mencetak atlit berprestasi dari kalangan pelajar.

"Kami berharap, kejuaraan ini bisa melahirkan bibit-bibit atlet pencak silat yang mampu berkiprah pada tingkat daerah, nasional maupun internasional guna mempertahankan prestasi yang telah diraih sebagai Jawara Silat,” tambah dia.

Di Kejurda Tapak Suci yang diikuti Pimda dari Sibolga, Padangsidimpuan, Tapsel, Paluta, Palas, Labuhan Batu serta Deli Serdang dan Rokan Hulu.

Kejurda Tapak Suci PD Muhammadiyah Palas, Juara 1 diraih Dari Perwakilan Sibolga, Juara 2 diraih perwakilan Padang Sidempuan serta Juara 3 diraih dari perwakilan Padang Lawas.