JAKARTA - Hasil laga Timnas U19 Indonesia vs Jepang, yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018) akhirnya berakhir untuk kemenangan Jepang 2-0 atas Indonesia.

Hasil laga Timnas U19 Indonesia vs Jepang ini membunuh mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U20. Dalam laga Timnas U19 Indonesia vs Jepang, Tim Samurai Biru memang mendominasi laga.

Dalam laga itu, timnas U-19 Indonesia lakukan strategi bertahan total dan sesekali melakukan serangan balik ke pertahanan Jepang. Di babak pertama, Timnas U-19 Jepang sempat mencetak gol terlebih dulu lewat tandukan Daiki Hashioka.

Namun, hakim garis langsung mengangkat bendera pertanda offside. Indonesia memiliki peluang lewat tendangan bebas yang dilakukan oleh Saddil pada menit ke-29, tetapi bola gagal disambar oleh Witan Sulaeman.

Sementara Jepang juga mendapat peluang dari tendangan bebas pada menit ke-34 dan laju bola masih menyamping tipis. Tapi Jepang akhirnya memimpin lewat tembakan jarak jauh kaki kiri Higashi Shunki pada menit ke-40.

Laga babak kedua berlangsung dalam kondisi hujan. Meski, hal tersebut tak menjadi keuntungan buat Indonesia. Anak-anak asuhan Indra Sjafrie tetap kesulitan menembus pertahanan Jepang.

Indonesia sempat punya peluang setelah mendapat tendangan bebas tepat di garis kotak penalti Jepang. Tapi eksekusi Saddil Ramdani terbang tipis di atas mistar.

Saat Indonesia meningkatkan tempo serangan, Jepang kembali mecetak gol. Tim tamu berhasil menambah keunggulan lewat tendangan Taisei Miyashiro (70'), setelah mendapat umpan congkel dari 'Si Messi Jepang', Takefusa Kubo.

Di waktu tersisa, Pelatih Indra Sjafrie memasukkan si mungil Todd Rivaldo Ferre. Tapi upaya ini belum membuahkan hasil. Skor 2-0 bertahan hingga waktu akhir. Dalam susunan pemain, Indonesia memakai formasi lima bek untuk menahan gempuran Jepang.

Egy Maulana Vikri juga tidak dimainkan menjadi pemain inti oleh pelatih Indra Sjafri dan disimpan di bangku cadangan. Kekalahan atas Jepang ini pun membuat Indonesia, sekali lagi gagal menembus ajang Piala Dunia FIFA untuk kelompok umur junior, ketika tinggal berjarak 90 menit lagi.

Sebelumnya, Timnas U-16 Indonesia juga gagal ke Piala Dunia, meski tinggal berjarak satu pertandingan lagi. Indonesia gagal mengalahkan Australia, sehingga kehilangan peluang tampil di Piala Dunia U17 di Peru, 2019 mendatang.

Lalu, kini giliran Timnas U19 Indonesia, yang gagal menuju Piala Dunia U20 di Polandia setelah kalah dari Jepang. Pada Piala Dunia U20 yang berlangsung di Polandia, 2019 nanti, tak ada satu pun tim dari Asia Tenggara yang akan tampil.***