MEDAN-Guna menyongsong Hari Ulang Tahun Pemuda Pencasila (HUT-PP), Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Sumut ziarahi makam pejuang Pancasila.

Hal itu dilakukan sebagai wujud rasa bangga atas perjuangan yang diberikan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Oleh sebab itu, jajaran pengurus MPW Pemuda Pancasila Sumut di bawah kepeminpinan H Kodrat Shah melakukan ziarah ke makan para pahlawan Pemuda Pancasila, di Pemakaman Sei Deli, Jalan Halat dan juga Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Thamrin Medan, Jumat (26/10/2018). "Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian dalam menyambut HUT Pemuda Pancasila yang ke-59 tahun," ujar Ketua panitia HUT ke-59 Pemuda Pancasila Sumut, H Syailendra Damanik kepada wartawan.

Ziarah ini, lanjutnya, diharapkan bisa membangkitkan motivasi sebagai kader Pemuda Pancasila, dan juga seluruh generasi muda untuk tetap mengenang dan bangga atas perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang terdahulu.

Dalam kegiatan ini, diungkapkan Syailendra, pihaknya menziarahi makam Alm Borkat Shah, Alm Anuar Shah, Alm Boyke Turangan, makam Alm Ali Muchtar , Alm Effendi Nasution, dan Alm Amran YS serta beberapa pejuang Pemuda Pancasila lainya. "Semoga para pahlawan Pemuda Pancasila ini ditempatkan sebaik-baiknya di sisi Allah SWT, dan semoga seluruh rangkaian kegiatan HUT Pemuda Pancasila ke 59 ini dapat berjalan lancar dan sukses," ungkapnya.

Tradisi sebagai Anak Bangsa

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut H Kodrat Shah menyampaikan, bahwa kegiatan ziarah ini merupakan tradisi Pemuda Pancasila sebagai anak bangsa, dalam rangka mengingat jasa- jasa para pahlawan yang telah mendahului keharibaan Illahi Robbii.

Seiring perkembangan waktu, disebutkannya, perjuangan Pemuda Pancasila mungkin tidak lagi seperti yang dilakukan para pahlawan Pemuda Pancasila sebelumnya. "Atas kegigihan para pejuang mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai ideologi bangsa, kita harus tetap merasa bangga dan melanjutkan perjuangan tersebut," sebutnya.

Ziarah dikuti seluruh pengurus MPW Pemuda Pancasila antara lain Adi Munawir Godang, M Iqbal Hanafi, Rizal Mavi, Bahar, dan PAC Pemuda Pancasila yang berada di kawasan pemakaman masing-masing, dan Sri Kandi MPW PP Sumut.