MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi memimpin pengamanan demonstrasi di Mesjid Raya Medan.

Hal itu dilakukan guna memastikan demonstrasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Sumatera Utara (Sumut) terkait pembakaran bendera Tauhid yang terjadi di Garut Jawa Barat beberapa waktu lalu berjalan aman dan kondusif. “Proses penyampaian pendapat dan tuntutan ini kita harapkan berlangsung dengan lancar dan tidak mengganggu Ketertiban umum. Oleh karenanya, kami berharap ada semacam sentuhan qalbu antara pengunjuk rasa dan petugas keamanan sehingga ada ikatan emosional terjalin,” ujar Kombes Pol Dadang didampingi Wakapolrestabes Medan, Kabag Ops, Kasat Sabhara, Kasat Intellkam, Kasat Binmas, Wakasat Lantas, dan Kapolsek jajaran Polrestabes Medan beserta personelnya di halaman Mesjid Raya Al-Mahsun, Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat, (26/10/2018).

Selain itu, peraih Naskah Strategi Perorangan (Nastrap) terbaik pada Pendidikan Regional (Dikreg) ke-26 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Tahun 2017 ini menjelaskan, pihaknya juga berharap agar aksi yang digelar berjalan sesuai harapan.

Selain memimpin pengamanan aksi, Alumnus Akpol Tahun 1994 ini juga tampak mengatur arus lalulintas di lokasi jalannya aksi.

Long March Menuju Polda Sumut

Usai menyampaikan orasinya di Mesjid Raya Al-Mahsun, selanjutnya massa melakukan long march menuju Mapolda Sumut guna melaporkan kasus tersebut sekaligus melakukan aksi serupa Markas Kepolisian tersebut.

Sebelumnya, aksi protes ini dilakukan massa menyusul pembakaran bendera Tauhid di Kota Garut, Jawa Barat pada peringatan Hari Santri Nasional beberapa hari lalu.

Bukan hanya di Kota Medan, aksi serupa juga dilakukan di beberapa kabupaten/kota di Sumut.