JAKARTA - PSSI telah mengumumkan hasil proses Club Licensing Department (CLD) 2018 yang diikuti seluruh kontestan Liga 1 musim ini. Hasilnya, terdapat 10 klub yang dinyatakan lolos proses verifikasi untuk mengantongi lisensi sebagai klub profesional. Pada hasil Club Licensing Department tahun ini, ada tiga klub yang dinyatakan lolos tanpa syarat atau bisa disebut granted, yakni Persija Jakarta, Arema FC, dan Persib Bandung.

Sementara itu terdapat tujuh klub yang lolos dengan syarat (granted with sanctions) yaitu Madura United FC, PSM Makassar, PS Barito Putera, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Bali United FC.

"Ketujuh klub ini harus memenuhi persyaratan hingga 31 Januari 2019 mendatang," ujar Tigor Shalomboboy selaku Club Licensing Department Manager (CLD) PSSI, Selasa (23/10) sore.

Setiap klub yang mengikuti proses untuk mendapatkan lisensi klub profesional harus memenuhi lima syarat yang diberikan oleh AFC yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial.

Pada musim ini, proses Club Licensing Department yang diikuti 18 klub Liga 1 dimulai dari April hingga September 2018. Jika dibandingkan musim lalu, terdapat peningkatan jumlah klub yang dinyatakan lolos proses verifikasi.

Musim lalu terdapat lima tim yang mendapatkan lisensi klub profesional yakni Arema FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Bali United FC dan Madura United FC. Sementara pada musim ini berjumlah 10 klub seperti yang tersebut di atas.

Nantinya, lisensi klub profesional yang didapatkan oleh kontestan Liga 1 bisa digunakan sebagai syarat untuk mengikuti kompetisi tingkat AFC seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup. ***