TEBINGTINGGI - Penanganan pelayanan kesehatan yang tak mampu dicover pihakn BPJS, kini ditopang oleh pihak Pemerintah Kota Tebingtinggi.

Demikian Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan saat menerima tim surveyor akreditasi Puskesmas didampingi Kadis Kesehatan dr.H.Nanang Fitra Aulia Sp.PK di Aula Puskesmas Pasar Gambir Senin (22/10).

Walikota menyambut baik kedatangan tim surveyor akredasi Puskesmas yang dipimpin dr. Hafni Zahara MARS, Dusri Rusli SKM.MKes, H.Sudirman Ansyar SKM. MKes.

Kesehatan merupakan salah satu andalan dari pemberian jasa pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu berbagai program pembangunan kesehatan terus dilakukan.

Berbagai prestasi pun diperoleh,diantaranya penghargan terupdate sebagai juara I tingkat nasional IVA Test. Umar mengatakan, itu merupakan hasil upaya para petugas yang ada di Puskesmas.

Meski demikian, pihak Pemko berharap kepada tim survey terus melakukan pembinaan terhadap 9 puskesmas yang usai disurvey.

Umar menjelaskan, pekan lalu, ada 4 Puskesmas yang masuk dalam usulan untuk akreditasi yaitu Puskesmas Tanjung Marulak dan Puskesmas Berohol.

Pekan ini, giliran Puskesmas Pasar Gambir dan Puskesmas Rantau Laban. Pihaknya berharap, hasil evaluasi yang dilakukan tim survey, mampu menorehkan hasil yang terbaik.

Upaya maksimal yang dilakukan diyakini memiliki kekurangan. Umar mengharapkan kepada tim evaluasi terus melakukan pembinaan.

Kepada kepala Puskesmas dan seluruh staf, Umar meminta agar tidak meminggalkan puskesmas dan terus mendampingi seluruh tim dengan memberikan pesan jujur apa adanya.

Umar menekankan,agar Puskesmas tidak melakukan rujukan pasien tingkat lanjutan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Karena Rumah Sakit Type B sudah dapat menjalankan program BPJS tanpa harus melalui RS type C.

Namun Umar meminta agar pihak BPJS konsisten memberikan pelayanan sehingga mampu menepis kekecewaan publik guna menepis pelayanan yang belum maksimal.

Kepada tim evaluasi, pihaknya memberikan informasi tentang situasi Tebingtinggi sebagai salah satu kawasan di Sumatera Utara yang memiliki keanekaragaman kulinernya.

Salah satunya adalah nasi soto. Makanan ini selalu dinikmati kebanyakan warga saat sarapan pagi bersama Jenis makanan lain yang lazim disebut Lontong.

Ketua tim surveyor dr. Hafni Zahara MARS menyampaikan ungkapan rasa terima kasih atas sambutan Pemko Tebing Tinggi dalam pemberian informasi awal secara umum yang mengandung manfaat bagi tim survey.

Sesuai regulasi selama survey berlangsung,tim berhak memegang kendali Puskesmas. Gunanya untuk mempermudah dan memperlancar tim melakukan kegiatan survey sekaligus memberikan binaan kepada Puskesmas.***