MEDAN - Agar sampah tidak terbuang percuma dan manyomak di sejumlah tempat, Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S M Si perlu menghidupkan Bank Sampah di setiap kelurahan.

Gagasan ini disampaikan pemerhati lingkungan yang juga Ketua Iptek Lebah Madu Sekolah Bina Bersaudara Titikuning Medan Drs M Achir Lubis saat meninjau operasional Bank Sampah Mandiri di Dusun VII Desa Sumber Melati Diski Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, Minggu (21/10/2018).

Bank Sampah Diski Mandiri tersebut dikelola langsung Doktor Haji Indra Utama SE M.Si seorang pensiunan PNS yang juga dosen di sejumlah perguruan tinggi swasta. Bagi Haji Indra Utama, sampah bukan benda tak berguna. Justru buat pria berpendidikan tinggi itu, sampah menjadi benda yang bermanfaat dan berharga. Bank Sampah yang berada di Belawan Medan termasuk Bank Sampah binaan Haji Indra Utama.

"Kalau Diski Mandiri bisa mengelola sampah menjadi sesuatu yang berharga, kenapa potensi sampah yang melimpah ruah di Kota Medan tidak dikelola dengan baik. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Walikota Medan beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mulai dari Kepala Dinas Kebersihan, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan," ujar Achir Lubis.

Seperti dituturkan Haji Indra Utama, Bank Sampah yang dikelolanya bersama istri, mampu menyadarkan masyarakat setempat bahwa sampah yang selama ini terbuang percuma dapat dimanfaatkan untuk kebaikan warga. Mereka memiliki tabungan uang dari sampah yang disetorkan setiap minggunya berupa kertas, botol plastik, gelas plastik dan barang pecah belah lainnya.

Kertas koran misalnya, Bank Sampah Mandiri mampu menghargainya Rp 1.500 per Kilogram. "Setiap barang rongsokan ada harganya," kata Haji Indra Utama yang bercita-cita memiliki Toko Mart dari aktivitas Bank Sampah yang dikelolanya.

Dalam menjalankan Bank Sampah Diski Mandiri, Haji Indra Utama selain dibantu istri juga dibantu sejumlah relawan yang digaji dengan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan.

Melihat prospek pengelolaan Bank Sampah yang dikelola Diski Mandiri itu, menurut pemerhati lingkungan yang juga Koordinator Kampus 5 Perguruan Tinggi Al-Hikmah Titikuning Medan Drs. M. Achir Lubis, sudah selayaknya Walikota Medan menginstruksikan jajaran OPD terkait menghidupkan Bank Sampah di setiap Kelurahan atau Lingkungan. Langkah ini sekaligus akan dapat mengurangi jumlah sampah yang terbuang percuma di berbagai tempat.

"Kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi. Tunggu kiamat baru dibuat, percuma. Padahal Bank Sampah bisa dikemas menjadi ladang amal yang sangat bermanfaat bagi manusia," tegas Lubis seraya mengajak OPD Kota Medan belajar ke Bank Sampah Diski Mandiri yang beralamat di Jalan Paya Bakung No 22 / Madrasah Miftahul Falah Dusun VII Desa Sumber Melati Diski Kecamatan Sunggal Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Haji Indra Utama di nomor 085370884227. ***