BELAWAN-Gara-gara jalan menuju jembatan Titi Dua Sicanang amblas, belasan ribu warga Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan terancam terisolasi.

Pasalnya, jalan tersebut tidak dapat dilintasi, sehingga aktivitas warga yang setiap harinya menggunakan jembatan sebagai satu-satunya sarana penyeberangan menghubungkan Kelurahan Sicanang Belawan ke lokasi lainnya menjadi terhambat.

Oleh karenanya, masyarakat setempat panik karena untuk berjalan kaki pun akses menuju jembatan tidak bisa dilintasi.

Selain itu, peristiwa yang disebabkan faktor alam ini juga bukan kali pertama terjadi di lokasi tersebut.

Seperti penuturan Jauhari Nasution (45), warga sekitar lokasi, amblasnya jalan yang menghubungkan ke jembatan sudah pernah terjadi sebelumnya. "Kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Namun sudah berulang kali," ujar Jauhari menjawab GoSumut di lokasi kejadian, Sabtu, (20/10/2018).

Oleh karena itu, warga yang menetap di Sicanang Belawan ini berharap Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk segera memperbaiki satu-satunya jalan yang menghubungkan Kelurahan Sicanang Belawan menuju ke Kota Belawan. "Kita meminta Pemko Medan segera memperbaikinya. Karena bila jalan yang rusak ini tidak segera diperbaiki, akan menghambat aktivitas, terutama bagi warga Sicanang Belawan yang setiap harinya melintasi jalan maupun jembatan tersebut, untuk mencari kerja guna menghidupi anak dan keluarga mereka," ungkap Jauhari.

Akibat Faktor Alam

Sementara itu, Camat Medan Belawan, Ahmad SP yang dikonfirmasi mengaku bahwa kerusakan jalan menuju Jembatan Titi Dua Sicanang tersebut diakibatkan oleh faktor alam. "Runtuhnya jalan ini disebabkan oleh faktor alam. Sebab tidak terlihat ada ruas maupun badan jalan yang tersisa untuk dilintasi warga, seluruhnya longsor terkikis oleh abrasi," katanya.

Begitupun, kata Ahmad, pihaknya akan segera menormalkan atau menimbun kembali jalan tersebut. "Kita akan segera memperbaiki jalan tersebut. Sehingga nantinya masyakarat dapat melintas," katanya.

Disingung berapa lama waktu dibutuhkan untuk pekerjaan memperbaiki jalan itu, orang nomor satu di Kecamatan Medan Belawan ini hanya berkomentar singkat. "Tentunya untuk proses pengerjaanya akan memerlukan waktu yang cukup lama," tandasnya.