MEDAN - Binjai United memastikan gelar juara Piala Soeratin U-17 zona Sumatera Utara setelah menumbangkan PSSA Asahan dengan skor 4-1 dalam laga final di Stadion Teladan, Minggu (21/10). Kemenangan ini memastikan Binjai United berlaga ke babak regional Sumatera. Laga ketat tersaji di awal laga. PSSA Asahan tampil komplet dengan kembali diperkuat trio pemain timnas U-16, si kembar Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi serta David Maulana. Ketiganya sempat absen di semifinal.

Hasilnya PSSA Asahan mampu unggul lebih dulu di menit ke-18 lewat gol Indra Setiawan. Namun Binjai United tak langsung menyerah. Mereka beraksi cepat dengan gol penyama kedudukan dari Akbar Bagas Prasetyo di menit ke-27.

Gol itu membangkitkan kembali asa anak-anak kota Rambutan. Tim besutan Amran itu bahkan berbalik unggul di menit ke-35 lewat aksi gelandangnya Kevin Armedya. Putra mantan pemain PSMS, Erwin Hasibuan itu melepaskan bola terukur yang tak mampu dihalau Dadam Sunarto, kiper PSSA. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Asahan mengandalkan bola-bola panjang yang kesulitan menembus barisan pertahanan Binjai United. Sementara lawan bermain sabar dan memainkan bola-bola pendek.

Di menit ke-71, Pelatih PSSA, Abdul Rahman Marabessi memasukkan Amiruddin Bagus Kahfi untuk meningkatkan daya dobrak. Namun justru Binjai United yang bisa memperlebar kedudukan lewat gol Alvin Dwi Guna di menit ke-75. Itu merupakan torehan gol kesembilannya yang mendaulatnya sebagai top skor turnamen.

Pesta kemenangan Binjai tidak sampai di situ. Gol penutup Binjai United dilesatkan Agil Fauzi lewat gol di masa injury time dan membuat skor akhir 4-1 untuk anak-anak Binjai.

Pelatih Binjai United, Amran memuji perjuangan anak asuhnya. Bekal pertemuan di babak penyisihan menjadi celah yang dimanfaatkan anak asuhnya untuk membungkam lawan. "Mungkin sudah dapat gambaran waktu kami berduel di penyisihan dengan mereka. Jadi sudah tahu bagaimana untuk meredam mereka. Alhamdulillah hasil ini sangat kami syukuri," kata Amran.

Amran mengatakan akan membenahi skuadnya menghadapi putaran regional. "Saya tidak tahu apa boleh tambah pemain atau tidak. Kalau boleh mungkin mau pinjam David Maulana, kan dia anak Sumut juga," tambahnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir Sekretaris Daerah Binjai, Mahfullah Daulay mendukung Binjai United. Mahfullah tak terkejut dengan prestasi Binjai United yang dibina sejak lima tahun terakhir.

"Mereka sudah lama bersama bahkan sekolah dan tempat tinggal pun bareng-bareng karena menjadi program olahraga unggulan bagi Pemko Binjai. Jadi prestasi ini tidak diraih dengan instan. Prestasi ini juga bukan yang pertama, tapi kami kerap terhenti di babak nasional. Mudah-mudahan tahun ini bisa berbeda," pungkasnya.