BANJARMASIN -  PS Barito Putera tak boleh lagi kehilangan poin penuh saat menjamu Perseru Serui di Stadion 17 Mei, Banjarmasin pada Jumat, 19 Oktober 2018. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Laskar Antasari gagal merebut poin maksimal.

Karena itulah, pertandingan pekan 26 Liga 1 2018 kali ini menjadi wajib dimenangkan oleh Barito Putera. Momentum kebangkitan mesti cepat mereka dapatkan agar ke depannya terus memetik hasil positif.

"Sudah saatnya tim ini bangkit dan memenangkan pertandingan. Apalagi dalam dua pertandingan sebelumnya kami belum bisa meraih hasil maksimal. Main di kandang akan menambah motivasi kami," ujar bek Barito Putera, Nazar Nurzaidin.

Di saat membutuhkan kemenangan, sayangnya Barito Putera harus kehilangan tiga pemain akibat hukuman akumulasi kartu, yakni Dandi Maulana, Aaron Evans, dan Jajang Sukmara. Belum lagi masih abu-abunya status Marcel Sacramento.

Pemain asal Brasil itu sempat ikut latihan dua hari sebelumnya usai mendapat cedera. Namun, saat latihan resmi jelang pertandingan dia justru absen.

"Marcel tidak datang latihan, jadi tepat jika besok dia tidak bermain. Ada tindakan indispliner. Saya tidak tahu sebabnya, yang jelas dia tidak hadir pada latihan," kata pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Pelatih Perseru, Wanderley Junior percaya diri menyambut pertandingan kali ini. Momentum kemenangan atas Persela Lamongan pada pekan sebelumnya mesti bisa dijaga dengan baik.

"Para pemain telah menunjukkan penampilan luar biasa saat melawan Persela. Mereka terlihat percaya diri dan bertarung habis-habisan demi bisa menang," tutur Wanderley.

Menempati peringkat ke-17 klasemen sementara, Perseru tidak bisa lagi bersantai. Sisa sembilan pertandingan musim ini mesti dimaksimalkan demi menghindari zona degradasi.

Perkiraan Susunan Pemain
Barito Putera (4-3-3)
Adhitya Harlan;
Nazar Nurzaidin, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Rifqi, Rony Beroperay;
Paulo Sitanggang, Matias Cordoba, Douglas Packer;
Rizky Rizaldi Pora, Samsul Arif Munip, T. A Mushafry.
Pelatih: Jacksen F. Tiago
Cadangan: Dian Agus Prasetyo, Dona Saputra, Ady Setiawan, Sandy Ferizal, Gavin Kwan Adsit, Nico Fadilah

Perseru (4-3-3)
Samuel Reimas;
Tony Rooy Ayomi, Kelvin Mopi, Habel Boas Inzaghi Isir, Yamashita Kunihiro;
Ronaldo Mesido, Arthur Bonai, Antonio de Paula;
Yohanis Nabar, Silvio Escobar, Gusti Rustiawan
Pelatih: Wanderley Junior
Cadangan: Hendra Mole, Indra Permana, Josua Merauje, Ziko Sukmana, Sidik Saimima, Anton Sandi Pairie, Delvin Rumbino

Pertemuan Terakhir
17/05/2018 Liga 1 - Perseru 0-1 Barito Putera
03/09/2018 Liga 1 - Perseru 0-1 Barito Putera
30/04/2017 Liga 1 - Barito Putera 2-0 Perseru
31/10/2017 ISC - Perseru 3-1 Barito Putera. ***