Palas - Mendorong kecerdasan masyarakat dan kelompok tani di tingkat desa, Karang Taruna PIP Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan program pengembangan budidaya ikan tawar sistem bioflock.

Budidaya ikan lele dengan kolam induk bioflock mengunakan terpal dengan ukuran 1x1,5 meter untuk setiap kelompok dapat dikembangkan dengan cara mengalokasikan ke setiap rumah anggota kelompok.

Demikian disampaikan Ketua Karang Taruna Bintang PIP Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Palas , M. Indra Leo Hasibuan Sabtu(13/10/2018) di Sibuhuan

Menurut Leo , program pengembangan budidaya daya ikan tawar ini diharapkan dapat mewujudkan swasembada ikan air tawar didaerah Kabupaten Palas.

Dikatakan, sesuai data yang diperoleh dari Dinas Perikanan dan Peternakan Palas ,bahwa kebutuhan ikan air tawar mencapai 1,5 ton/hari. Sementara suplay ikan air tawar hanya terpenuhi oleh petani lokal hanya 30% /harinya,tentu untuk memenuhi hal itu datang dari luar daerah kabupaten Palas.

Disisi lain ,kata dia,pihak Dinas Ketahanan Pangan juga mencanangkan program peningkatan keutuhan pangan pada kelompok tani wanita di kabupaten Palas

Kelompok tani wanita Desa Pasar Ipuh bekerja sama dengan Karang Taruna telah menyusun program pembudidayaan ikan lele secara berkelompok agar dapat ditingkatkan prngembangannya ,kata Indra .

Program ini terselenggara, lanjut Leo, atas dukungan pihak ketiga yaitu PT Viktorindo Alam Lestari(VAL) melalui program CSR-nya.

Sebelumnya Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO) selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten Palas mengajak ,pemuda dan masyarakat menggalakan program.pola kemitraan

Menurut TSO, organisasi karang taruna harus mampu menyusun program karya nyata dengan memberdayakan potensi pengembangan budidaya peternakan ikan lele dan lainnya sehingga memberikan kontribusi bermanfaat bagi masyarakat ditingkat desa maupun kecamatan .

"Tolak ukur dalam mencerdaskan masyarakat ,tidak terlepas peran serta masyarakat itu sendiri untuk mencapai kemajuan suatu usaha atau program yang dilaksanakan," kata Bupati.