SURABAYA - Pekan ke-24 Liga 1 2018 menyajikan pertandingan derby Jawa Timur, Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu (06/10/2018). Selama satu dekade terakhir, pertemuan kedua tim tersebut seringkali dianggap sebagai pembuktian siapa klub terbaik di provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut.

Tak heran jika rivalitas keduanya selalu dalam tempo tinggi. Baik itu di dalam maupun di luar lapangan.

Menghadapi situasi tersebut, Bonekmania membuat teroboson yang kreatif. Beberapa hari sebelum laga Arema FC versus Persebaya digelar, suporter fanatik Green Force itu membuat pernyataan sikap yang isinya menegaskan bahwa tidak akan datang ke Malang. Pernyataan sikap tersebut disampaikan secara tertulis dan dikirimkan ke PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Sebagai penggantinya, Bonekmania menggelar nonton bersama (nobar) di halaman Polrestabes Surabaya. Gelaran nonton bersama itu dimulai pukul 15.00 WIB yang didahului dengan penampilan grup musik Polrestabes Surabaya.

Sajian ala grup musik Polrestabes Surabaya yang menyuguhkan lagu-lagu khas Bonekmania membuat suasana makin semarak. Alhasil, meski hanya bertajuk nonton bersama, suasana di halaman Polresta tersebut tak ubahnya di dalam stadion.

“Bonekmania punya kreativitas dan pihak keamanan di Surabaya sangat mendukungnya. Jelas, ini menjadi fenomena yang menarik. Ada kreasi dari suporter dan pemerintah pun mendukung dengan cara memberikan fasilitas dan pengamanan,” bilang Edi, salah satu pentolan Bonekmania.

Kreativitas Bonekmania tak hanya menggelar nobar di halaman Polrestabes. Mereka juga membuat kreativitas yang lain, yakni aksi sosial berupa penggalangan dana untuk korban gempa di Palu dan Donggala.

Penggalangan dana dilakukan pada saat jeda pertandingan babak pertama. Caranya, beberapa perwakilan dari Bonita (suporter cewek Bonekmania) berkeliling di lokasi nobar sambil membawa kardus untuk pengumpulan dana.

Pada akhir nobar, pengurus Bonekmania mengumumkan jumlah dana yang terkumpul. “Kami mendapatkan dana sekitar Rp 11 juta. Dana ini akan kami sumbangkan langsung untuk korban gempa. Mudah mudahan bisa membantu. Dan, yang terpenting, sepak bola telah menyatukan kita semua,” pungkas Cak Tulus, koordinator Bonekmania. ***