PADANGLAWAS-Jemaah pengajian Amaliyah Akbar Barumun Raya kembali melaksanakan pengajian rutin untuk membangun ukhuwah Islami antar sesama umat Islam. Kali ini, pengajian Akbar tersebut dilaksanakan di Desa Sayur Maincat, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padanglawas (Palas), Minggu, (30/9/2018).

Jemaah pengajian yang datang dari berbagai penjuru desa dan kecamatan se-Kabupaten Palas itu tumpah ruah memadati lokasi untuk mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Ansor.

Pengajian ini dilaksanakan dari satu desa ke desa lainnya di Kabupaten Palas secara bergiliran.

Dalam kesempatannya, Camat Barumun Selatan, A Rivai Pane berharap, ibu-ibu pengurus dan anggota amaliyah akbar kecamatan dan desa untuk terus menggalakan pengajian yang telah terbina selama ini. "Guna mewujudkan kabupaten Palas menjadi daerah Baldatun Toyyibatun Warobbon Ghofur, saya mengharapkan pengajian ini terus digalakkan sehingga keinginan kita menuju Kabupaten yang Bercahaya dapat tercapai," ujarnya berharap .

Selain itu, Rivai juga mengingatkan bahwa faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap  pembentukan karakter anak sehingga dibutuhkan  proses pendidikan berakhlak mulai yang ditanamkan dari sejak usia dini sehingga melahirkan generasi yang beriman. "Mari kita ciptakan generasi muda yang cerdas, beriman, berbudi luhur serta berakhlak mulia," ajaknya.

Meningkatkan Silaturahmi

Sementara itu, ditemui usai pengajian, Kepala Desa Sayur Maincat, Alfi Kamil Lubis mengatakan, kegiatan pengajian Amaliyah  yang dipusatkan di desanya tersebut diharapkan menjadi perekat di kalangan ibu-ibu dalam membangun kekompakan untuk meningkatkan tali silaturrahmi serta ukhuwah Islamiyah.

Ditambahkannya, pengajian Amaliyah Akbar sebagai majelis ilmu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Karena, ibadah tanpa disertai dengan ilmu akan menjadi sia-sia. "Oleh karena itu, melalui pengajian yang kita laksanakan hari ini, kiranya dapat menjadi wahana pembelajaran dan solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengajaran, tuntutan dan pembinaan mengenai ilmu agama," tambahnya.

Pengajian rutin ini, kata Alfi, bermanfaat membimbing dan membina kehidupan masyarakat, khususnya di tingkat desa. "Pengajian ini amat penting agar kita senantiasa melaksanakan kewajiban terhadap allah SWT, serta menjauhi semua larangannya," tandasnya seraya mengatakan fasilitas yang  menjadi kebutuhan pengajian, ditanggung oleh pemerintah desa karena anggarannya telah ditampung dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) dana desa untuk pemberdayaan dan pembinaan masyarakat Desa Sayur Maincat.