JAKARTA - Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Pelatihan Publikasi Wartawan melalui  Media Cetak, Online dan Elektronik dalam mendukung kegiatan Kemenpora 2018 di Hotel Pitagiri, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Dalam pelatihan yang diikuti puluhan wartawan ini tampil sebagai narasumber Raja Parlindungan Pane (Ketua SIWO PWI Pusat), Sami Leo Lantang (Wartawan Senior) dan Agus Lesmana (Humas Menpora).

SIWO Pusat dalam kesempatan ini menyampaikan rasa duka sedalam-dalam nya pada keluarga korban atas kejadian penganiayayan antar suporter di Laga1 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta pada hari Minggu (23/9/2018). Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta, tewas setelah dikeroyok suporter Persib Bandung di lapangan parkir utara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"SIWO mengutuk keras kejadian ini. SIWO berharap jangan ada lagi kejadian seperti ini. Siapapun, bukan hanya Bobotoh atau Jak Mania, tingkatkan respek, saling menghagai antar sesama pendukung, kita Indonesia tetap Indonesia. Jangan karena fanatisme buta, nyawa melayang sia-sia, " kata Raja Pane.

SIWO Pusat mendukung sekali Kompetisi Sepakbola Liga 1 sekarang dihentikan hingga semua permasalahan kembali kondusif, dan menjadi pembelajaran berharga untuk semua insan sepakbola di Tanah Air.

Sementara wartawan senior Sam Lantang menegaskan kekerasan akan membunuh sepakbola Indonesia. "Kompetisi akan dihentikan akibat kekerasan. Di sini awal mula dapat menjadi sepakbola mati," jelas Sam Lantang.