PALAS-  Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membangun saluran irigasi untuk membantu meningkatkan potensi pertanian.
 
Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi persawahan yang terletak di Desa Sigorbus sepanjang 200 meter di Kabupaten Padang Lawas (Palas) saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Pengawas lapangan Agus ditemui di lokasi,Minggu (23/9/2018) mengatakan, rehabilitasi jaringan irigasi bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi irigasi untuk kelancaran mengairi persawahan petani. 
 
Diharapkan dengan adanya  irigasi ini dapat meningkatkan  intensitas tanam di lokasi persawahan warga. Agus menjelaskan,
Proyek Rehabilitasi  berupa perbaikan saluran sekunder dengan batu susun dengan pasangan dua unit Pagu yang menghabiskan  anggaran sebesar  Rp.887.502.000. Proyek tersebut  dilaksanakan pengerjaan oleh  CV Saru Kasih Medan.
 
Ditempat terpisah,  salah seorang  warga, Hasibuan  yang berada disekitar  lokasi kegiatan rehabilitasi irigasi  mengaku betapa bermanfaatnya proyek tersebut bagi masyarakat. "Dengan adanya pembangunan irigasi ini maka pasokan air kelahan persawahan semakin baik. Jika kebutuhan air mencukupi tentu pertumbuhan  tanaman  padi ikut subur dan produksi panen juga meningkat. Petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada saat musim panen," tandas Hasibuan.