BANDUNG - Pertandingan yang selalu ditunggu-tunggu publik Bandung dan Jakarta, kembali tersaji di LIGA 1 2018. Adalah pertemuan klub Persib Bandung melawan klub Persija Jakarta yang selalu menyita perhatian yang akan meramaikan akhir pekan ini.

Bermain dalam pertandingan pekan ke-23 di Stadion GBLA, Bandung, Minggu, 23 September 2018, Persib dan Persija sama-sama bertekad menyajikan permainan terbaik dalam El Clasico Indonesia.

Secara teknis kekuatan kedua tim sama-sama bagus. Kebetulan juga Persib dan Persija ada di papan atas. Bahkan Maung Bandung sementara ini memimpin sendirian di puncak klasemen.

Oleh karena itu pertandingan bisa jadi akan ditentukan dari kekuatan mental. Para pemain kedua tim dituntut untuk memiliki mental yang matang.

Pelatih Persib, Mario Gomez, setuju terhadap hal itu. Menurutnya jika kualitas kedua tim yang bertanding sama bagusnya, maka mental bakal memiliki peran lebih banyak.

"Fokus dan mental semua pemain akan diuji dalam pertandingan penting seperti ini. Saya ingin semua pemain tidak kehilangan fokus sampai pertandingan benar-benar selesai," kata Mario Gomez.

Di pertandingan ini Persib bisa menurunkan kekuatan terbaik. Penyerang sayap Febri Hariyadi yang lama absen karena sibuk membela Timnas Indonesia, akan kembali turun bermain.

Sementara dari Persija, pelatih Stefano Cugurra alias Teco juga bisa menurunkan para pemain terbaik. Dua pemain yang absen di laga sebelumnya, Sandi Sute dan Rezaldi Hehanusa, karena akumulasi kartu, kali ini sudah bisa main.

Untuk pertandingan nanti Teco berpesan kepada para pemainnya agar solid dalam bertahan. Tapi bukan berarti Macan Kemayoran akan memasang pertahanan gerendel.

"Kami harus punya organisasi permainan yang bagus, terutama ketika bertahan karena lini depan Persib sedang on-fire," kata Teco.

Pelatih asal Brasil ini juga menekankan pentingnya transisi permainan. Dari menyerang ke bertahan, begitu pula sebaliknya.

"Selain itu kami harus memaksimalkan semua peluang. Baik permainan terbuka atau bola pasif," ujar Teco.

Perkiraan Susunan Pemain
Persib (4-4-2):
Muhammad Natshir;
Supardi, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus;
Febri Hariyadi, Oh In-kyun, Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar;
Ezechiel N'Douassel, Jonathan Bauman
Pelatih: Mario Gomez
Cadangan: Made Wirawan, Indra Mustafa, Patrich Wanggai, Hariono, Eka Ramdani, Puja Abdilah, Agung Mulyadi

Persija (4-3-3)
Andritany Ardhiyasa;
Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanusa;
Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Renan Silva;
Novri Setiawan, Marko Simic, Osas Saha
Pelatih: Stefano Cugurra
Cadangan:Shahar Ginanjar, Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah, Vava Mario Yagalo, Nugroho Fatchu Rohman, Fitra Ridwan, Bambang Pamungkas

Pertemuan Terakhir
30/06/2018 Liga 1 - Persija 1-0 Persib
03/11/2017 Liga 1 - Persija 1-0 Persib
22/07/2017 Liga 1 - Persib 1-1 Persija
05/11/2016 ISC - Persija 0-0 Persib