PALAS-  Kampung KB  semakin  hari terus tumbuh pesat di pelosok desa-desa khusus desa terpencil di Kabupaten Padang Lawas (Palas)
 
 
"Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa  serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," kata Kadis Pengendalian Penduduk KB Perbedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Amir Soleh Nasution diwakili Sekretaris Dra Maryam.
 
Diacara  peresmian Kampung KB di tiga  desa sekaligus meliputi desa Balakka ,Selenjeng dan Aek Goti ,Kecamatan Sihapas Barumun dilaksanakan Kamis(20/9/2018). Menurut Maryam , program kampung KB  berfungsi  mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. "Penerapan fungsi keluarga  membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan," katanya .

Sementara Camat Sihapas Barumun  Sarwoedi Hasibuan  mengajak warga untuk menjalankan  delapan fungsi keluarga meliputi fungsi keagamaan, social budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, pembinaan lingkungan. Kata Sarwoedi, dengan ada program kampung KB  merupakan wujud  pembangunan Nawacita dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari daerah pinggiran.

Camat mengajak  dan berharap program  inovatitif yang strategis  melibatkan seluruh unsur sektor di masyarakat melalui kegiatan  kampung KB  yang akan bermanfaat mengentaskan kemiskinan. Selain itu, kata dia  manfaat Kampung KB juga  pembangunan semua sektor, melibatkan masyarakat. "Dengan kata lain memberdayakan potensi masyarakat berperan nyata dalam pembangunan kesejahteraan keluarga,"imbuhnya. 

Sementara Kapolsek Barumun Tengah berharap, integrasi program kb lintas sektor  melibatkan peran berbagai pihak bertujuan membangun kesejahteraan masyarakat berbasis keluarga. program kampung kb ini menurutnya sebagai bentuk pencapaian KB di desa yang sangat rendah, dalam  meningkatkan pembangunan kemandirian masyarakat.

Hadir dikegiatan pembukaan dan persemian Kampung KB tersebut, Kapolsek Barumun Tengah AKP Amir Faizal SE,Camat Sihapas Barumun Sarwoedi Hasibuan, Ketua MUI Sihapas Barumun Akhiruddin Hasibuan dan sejumlah Ketua Ormas.