BANTUL - Hasrat klub PSIS Semarang untuk meneruskan tren positif kemenangan atas klub PSMS Medan gagal. Pada laga pekan ke-22 melawan Persija Jakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa, 18 September 2018 malam, Tim Mahesa Jenar dipermalukan klub Persija Jakarta dengan skor 0-1. Gol semata wayang Tim Macan Kemayoran dicetak Riko Simanjuntak pada menit ke-16. Memanfatkan kelengahan pemain belakang PSIS yang tidak melakukan pressing, Riko dengan mudah mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang PSIS yang dikawal oleh Joko Ribowo.

Pada laga itu, pelatih PSIS, Jafri Sastra melakukan inovasi untuk penempatan komposisi pemainnya. Bek Haudi Abdillah yang biasa beroperasi di bek tengah digeser menjadi bek kiri. Di posisi bek tengah, ada Petar Planic dan Fauzan Fajri.

Gelombang serangan PSIS sebenarnya mengalir ke jantung pertahanan Persija. Namun ketatnya pertahanan lawan membuat PSIS yang dimotori oleh Ibrahim Conteh tak mampu menjebol gawang Persija.

“Pemain kami lengah dan berakibat fatal pada proses gol yang terjadi. Sebenarnya sejak awal kita sudah antisipasi agar hal ini tak terjadi,” ungkap pelatih PSIS, Jafri Sastra usai pertandingan. Dikatakannya, tiga pemain yang berhadapan dengan Riko Simanjuntak terbukti tak dapat menahan agar tendangan tak mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini, PSIS tetap berada di peringkat ke-17 dengan 23 poin. Pada pekan ke-23 mendatang, PSIS akan menjamu Perseru Serui di Stadio Moch Soebroto, Magelang, akhir pekan nanti.