BELAWAN-Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH menyampatkan diri mengunjungi seorang penggali kubur di Medan Deli, Senin (17/9/2018). Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa kepedulian dan keperihatinan Ikhwan Lubis terhadap Karman (95) yang telah lama menetap di areal komplek Pemakaman Jalan Pasar VI Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Sumatera Utara.

Dalam kunjungannya, Kapolres Belawan yang didampingi Kasat Binmas, AKP Justar Purba, Kabag Ops, Kompol Erinal, Kabag Sumda, Kompol Sri Pinem dan Kasat Sabhara, AKP Eriyanto Ginting Sos memberikan tali asih beras dan uang tunai kepada Karman.

Tidak ketinggalan, Lurah Mabar Hilir, M Hamidi Jamhur Lubis dan Ketua Granat Medan Deli Zunaidi K turut mendampingi Kapolres Belawan pada kunjungan dan pemberian tali asih tersebut.

AKBP Ikhwan Lubis dalam sambutanya mengatakan, kunjungan ini dilakukan sebagai rasa kepedulian dan keperihatinan kepolisian khusunya Polres Belawan kepada masyarakat.

“Sebagai manusia kita merasa prihatin terhadap sesama khususnya kepada Wak Karman. Karena profesi pengali kubur merupakan tugas mulia,” kata AKBP Ikhwan Lubis.

Dijelaskan Ikhwan, Ikhwal kunjungan ini dilaksanakannya kunjungan ini berawal dari adanya informasi di media massa yang menyebutkan bahwa ada seorang penggali kubur hidup bertahun-tahun di areal pemakaman tersebut.

“Mengetahui informasi tersebut, kita langsung mengunjungi Wak Karman di kediamannya dai areal pemakaman. Setelah dilihat, ternyata kehidupannya sangat memperihatinkan,” jelas orang nomor satu di Mapolres Belawan ini.

Melihat hal itu, mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini menerangkan, pihkanya langsung memberikan tali asih kepada Wak Karman.

“Dengan penuh rasa kepedulian serta keperhatinan, kita memberikan bantuan kepada Wak Karaman. Semoga apa yang diberikan kepada yang bersangkutan berguna dan dapat dirasakan manfaatnya,” terangnya.

Selain itu, Ikhwan juga menawarkan kepada Karman untuk tinggal dan bekerja di Rumah Singgah Sahabat Polisi Polres Pelabuhan Belawan yang baru diresmikan.

Akan tetapi, tawaran Kapolres ditolak oleh sang penggali kubur tersebut dengan alasan dirinya hanya ingin tinggal di areal pemakaman itu.

“Kendati demikian, kita tetap memperhatikan kondisi kehidupan  pria yang Lanjut usia (Lansia) ini,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Lurah Mabar Hilir, M Hamidi Jamhur Lubis menyampaikan apresiasinya kepada Bapak Kapolres Belawan yang peduli terhadap sesama.

“Kita mengapresiasi bapak Kapolres Belawan yang peduli terhadap sesama, khususnya kepada Wak Karman. Sebab dengan kesibukannya sebagai pemimpin masih bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi warga yang membutuhkan. Oleh karena itu, atas nama pemerintah kota Medan khususnya kecamatan Medan Deli, kami juga turut serta memperhatikan dan memperdulikan kehidupan sang penggali kubur tersebut,” tandasnya.