BANTUL - PS Tira punya kesempatan untuk beranjak dari zona degradasi pada pekan ke-22 Liga 1 2018. Syaratnya, mereka harus mengalahkan PSM Makassar saat berhadapan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu, 19 September 2018. Saat ini, PS Tira menempati urutan ke-16 klasemen sementara dengan raihan 24 poin. Selisih tipis dengan Perseru Serui dan Persebaya Surabaya yang ada di atasnya membuat skuat asuhan Nilmaizar bersemangat.

PSM memang bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan oleh PS Tira. Jika berkaca pada hasil putaran pertama, The Young Warriors dikalahkan dengan skor 4-3.

Akan tetapi, menjelang pertandingan ini mental Manahati Lestusen dan kawan-kawan sedang meninggi. Pada pekan sebelumnya, mereka berhasil menang 2-0 dalam lawatan ke markas Persebaya.

"Saya mau pemain fokus, konsentrasi penuh dan punya koordinasi yang baik antarlini pada pertandingan besok. Tunjukkan daya juang tinggi seperti ketika kita kalahkan Persebaya," kata Nilmaizar saat konferensi pers jelang pertandingan, Selasa, 18 September 2018.

Performa apik PS Tira tersebut mendapat perhatian dari pelatih PSM, Robert Alberts. Juru taktik asal Belanda itu bahkan tak ingin muluk-muluk dalam memasang target.

"Kami punya target mendapatkan satu poin. Kami sudah pelajari mereka dan sekarang PS Tira cukup kuat setelah mengalahkan Persebaya," ujar Robert.

Striker PSM, Ferdinand Sinaga tak ingin kehilangan motivasi dalam menatap pertandingan kali ini. Dia merasa masa persiapan tim sudah sangat cukup dan tinggal mengaplikasikannya di atas lapangan.

"Kami sudah jalankan persiapan sejak jauh-jauh hari. Nanti itu laga penting bagi kami. Satu tim ini akan ikuti instruksi pelatih dengan baik, semoga kami bisa meraih kemenangan," tutur Ferdinand.

PSM dalam lima pertandingan terakhir di GO-JEK Liga 1 2018 belum sekalipun memetik kemenangan. Menelan satu kali kekalahan, empat sisanya berkahir imbang.

Raihan tersebut membuat posisi tim berjuluk Juku Eja di klasemen sementara merosot tajam. Dengan koleksi 32 poin, mereka menempati urutan ketujuh.

Perkiraan Susunan Pemain
PS Tira (4-5-1)
Angga Saputra;
Mahdi Albaar, Abu Bakr Radanfah, Didik Wahyu Wijayance, Abduh Lestaluhu;
Manahati Lestusen, Izmy Yaman Hatuwe, Dzimitry Rekish, Jeon Woo-young, Wawan Febrianto;
Aleksandar Rakic
Pelatih: Nilmaizar
Cadangan: Syahrul Trisna, Herwin Tri Saputra, Kasim Slamat, Roni Sugeng, Ahmad Nufiandani, Sansan Fauji, Dimas Drajad

PSM (4-3-3)
Rivky Mokodompit;
Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama;
Willem Jan Pluim, Rizky Pellu, Muhammad Arfan;
Ferdinand Sinaga, Alessandro Ferreira Leonardo, Zulham Zamrun
Pelatih: Robert Alberts
Cadangan: Imam Arif, Ardan Aras, Hasyim Kipuw, Hendra Wijaya, Rasyid Bakri, Guy Junior, Saldi

Pertemuan Terakhir:
21/04/2018 Liga 1 - PSM 4-3 PS Tira
10/09/2017 Liga 1 - PSM 4-1 PS Tira
15/05/2017 Liga 1 - PS Tira 2-1 PSM
10/10/2016 ISC - PSM 4-0 PS Tira