PALAS- Ketua tim evaluasi yang di pimpin oleh Camat Ulu Barumun, H. Zulkarnain Nasution S.Sos meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2018 di Desa Matondang, Pasar Ipuh Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) Senin (17/92018). Turut mendampingi Camat dalam kegiatan mengevaluasi penggunaan dana desa, Kasi Pemerintahan, Derwani Daulay, Staf Kecamatan Suparman dan Ahmad Yani serta pendamping desa (PD) Kecamatan Holidah Sari Situmorang. H. Zulkarnain Nasution, disela kegiatan evaluasi mengatakan sesuai kegiatan jadwal pihak Kecamatan melalukan monitoring dan evaluasi didua desa Matondang dan Pasar Ipuh.

“sejumlah titik pembangunan yang diperiksa masih dalam proses pekerjaan. Diharapkan pelaksanaan dapat selesai dalam beberapa waktu ini,”ujarnya.  Peruntukan dana desa lanjut Zulkarnain Nasution guna membangun sarana dan prasarana untuk meningkatkan perekonomian didesa. Untuk itu agar setiap desa mengoptimalkan pembangunan sumber dana desa sesuai kebutuhan di desa.
 
Kepala Desa Matondang, Hendra Hasibuan diwakili ketua TPK Mhd Ridwan Daulay bersama ketua BPD Rayo Daulay menjelaskan pembangunan dana desa diperuntukan bangun jalan untuk peningkatan perekonomian pertanian dengan pembangunan jalan rabat beton 230 meter, pelat deker 2 titik, dan pembukaan jalan 1600meter. Selain itu, kata Mhd Ridwan pembangunan pipa air bersih 260 meter ke lokasi pemukiman dan Mushollah warga guna mengantisipasi kekeringan air di desa.
 
Ditempat terpisah, Kepala Desa Pasar Ipuh Ahmad Muda Hasibuan melalui Bendahara Irfan M Saleh mengungkapkan bangunan dana desa diprioritaskan oleh warga untuk Bak Induk air bersih 4x9meter 1 unit, serta pipa air bersih 60 meter, dan jalan rabat beton 1150meter. Irfan menuturkan terbuka pembukaan akses saran jalan rabat sepanjang 1150meter dapat bermanfaat bagi petani, sehingga mengubah kesejahteraan didesa.