MEDAN-Dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UMSU diikuti 3753 mahasiswa, Senin (17/9/2018). Dalam kesempatannya, Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018/2019.  

 

“Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru UMSU yang telah menjatuhkan pilihannya melanjutkan studi di kampus ini. Ikutilah acara pengenalan kampus ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Rektor seperti dihimpun GoSumut di Kampus UMSU.

Kemudian ia menjelaskan, bahwa sesuai dengan quota penerimaan mahasiswa baru UMSU Tahun 2018 yang telah disusun berjumlah 3500 orang, maka alhamdulillah target itu tercapai. Namun, katanya, untuk mengakomodir keinginan masyarakat Sumut dan luar Sumut yang ingin kuliah di UMSU, maka tahun ini UMSU memutuskan untuk menerima mahasiswa baru sebanyak lebihkurang 3800 orang.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa mahasiswa baru UMSU yang hadir pada acara PKKMB ini adalah merupakan sebaran dari mahasiswa nusantara, mulai dari pulau Jawa, Kalimantan dan Papua. “Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri, yakni dari Singapura dan Thailand yang merupakan wujud dari tindaklanjut kerjasama UMSU dengan sejumlah Perguruan Tinggi di luar negeri,” ungkapnya.

Selain itu, Agussani juga menyampaikan, saat ini UMSU berada di peringkat satu dari 281 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Sumut. Kemudian di level nasional, dari 4620 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS, UMSU berada ditingkat 137. Dari 31 Program Studi yang dikelola UMSU, sebanyak 8 prodi sudah meraih peringkat akreditasi A dari BANPT.

“Untuk institusi, sekarang kita lagi fokus mempersiapkan reakreditasi dari B menjadi A. Mudah-mudahan berkat kerjakeras dan doa kita bersama, pada bulan November tahun ini hal itu akan bisa diwujudkan. Dan kalau itu tercapai, maka UMSU merupakan satu-satunya PTS di Sumut yang meraih akreditasi A untuk institusi,” sebutnya.

Kepada Gubsu Edy Rahmayadi, Agussani menyampaikan apresiasinya yang selalu menyempatkan diri hadir di UMSU sejak menjadi Pangdam I/BB, Pangkostrad dan sekarang baru dilantik sebagai Gubernur Sumut. “Itu menandakan begitu kecintaannya kepada Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” imbuhnya.

Sebagai pemimpin perguruan tinggi di Sumut, Agussani  menegaskan kesiapannya untuk mendukung visi dan misi bapak Gubernur dalam rangka memajukan Sumatera Utara yang Bermartabat. “Kedepan kita siap mendukung program-program strategis pak Gubernur dalam rangka memimpin Sumut yang bermartabat. Saya optimis, jika pemprovsu bisa bersinergi dengan perguruan tinggi, maka akselarasi pembangunan Sumut akan berjalan dengan baik,” tegas salah seorang Pimpinan Wliayah Muhammadiyah Sumut ini.

Sementara itu, dalam kesempatannya, Gubsu Edy Rahmayadi memaparkan banyak hal terkait motivasi bagaimana menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi. Ia mengungkapkan, bahwa jumlah sekolah di Sumut sebanyak 1944 sekolah dengan total  jumlah siswanya sebanyak 611.345 orang. Dan setiap tahun Sumut meluluskan siswanya itu kuranglebih 235 ribu siswa.

Dari jumlah siswa yang lulus tersebut, lanjutnya, faktanya tidak banyak yang bisa melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi.  “Jadi bersyukurlah kepada Allah SWT, karena kalian bernasib baik masih bisa melanjutkan studi sampai kuliah di perguruan tinggi seperti saat ini, “ paparnya.

Selanjutnya, ia mennyampaikan, bahwa peran mahasiswa itu sangat strategis bagi sebuah daerah. Dikatakannya, di pundak mahasiswalah masa depan daerah ini. “Maka dari itu, tuntutlaah ilmu dengan penuh semangat, raihlah cita-cita kalian demi membesarkan Sumut yg kita cintai ini,” katanya dengan harap. Acara PKKMB UMSU dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari (17-18/9/2018). Kemudian, pada tanggal 20-21 September akan dilanjutkan dengan kegiatan Masa Ta’aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Masta-IMM) yang wajib diikiuti oleh semua mahasiswa baru UMSU.