PALAS- Tim Evaluasi melakukan pemeriksaan pengelolaan dana desa yang dialokasikan sarana fisik di Desa Pintu Padang dan Simanuldang Julu, Kecamatan Ulu Brumun, kabupaten pandanglawas (Palas).
 
“Pemeriksaan dilakukan, Minggu (16/9/2018) di dua lokasi dengan secara terperinci dengan melibatkan PDP Kecamatan Sawalidah Siregar dan PLD Holidah Sara Situmorang. Ketua tim evaluasi Sekcam, Khoiruddin Mukhlis Daulay, didampingi Staf Kecamatan, Suparman dan Ahmad Yani Nasution mengatakan kegiatan pemeriksa fisik sarana bangunan dilakukan secara bersama, dengan cara pengukuran sesuai RAB.

Di Desa Pintu Padang dengan hal sama melakukan pengukuran pembangunan MCK 2 unit, pelat deker 3 titik, dek penahan tanah sepanjang 50 meter dan pembukaan akses jalan 700 meter diperiksa secara satu persatu oleh tim monev secara cermat.
 
Kata khoirruddin Mukhlis Daulay yang juga Sekcam Ulu Barumun menjelaskan, bangunan sarana fisik yang dikerjakan pemdes pintu padang menyentuh program kebersihan lingkungan, karna dibangunnya sarana MCK , sehingga masyarakat tidak BAB dialuran sungai, ujarnya.
 
Kepala Desa Pintu Padang Julpan Daulay menyebutkan sarana dan prasanarana yang dibangun bertujuan mendukung tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan asri sesuai hasil musyawarah masyarakat di Desa Pintu Padang.
 
Di lokasi berbeda tim juga melaksanakan pemeriksaan di Desa Simanuldang Julu  terhadap sarana bangunanan jalan setapak rabat beton sepanjang 400 meter, dek penahan tanah 400 meter, lebar 2 meter, dan gorong-gorong 3 titik. Disaat pemeriksaan dilakukan, ketua tim evaluasi Mukhlis Daulay, mengapresiasi kegiatan pembangunan jalan rabat beton sepanjang menuju lokasi perkebunan masyarakat.

"Dengan terbangunnya akses jalan ke lokasi perkebunan tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani dan pekebun yang sangat membutuhkan jalan sampai ke lokasi kebun .Sarana jalan rabat beton ini memberikan manfaat fungsi bagi kemakmuran dan kesehjateraan masyarakat desa Simanuldang Julu, karena hasil produksi yang diangkut sudah tidak mengalami kesulitan lagi,”kata Sekcam.
 
Kepala Desa Simanuldang Julu Sahat Harap menuturkan pembangunan jalan rabat tepat bagi pemanfaatan didesa terkhusus petani. Masyarakat desa Simanuldang Julu terus mendukung dan menjaga bangunan bersumber dari dana desa (DD).