PALAS- Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP ) Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi menugaskan tiga orang tim Surveior kunjungi Puskesmas Ujung Batu III ,Kecamatan Hutaraja Tinggi,Kabupaten Padang Lawas(Palas). Kunjungan Tim Surveior Akreditasi terdiri dari dr.Fazilet Soeprapto MPH ,dr Jansen Perangin -angin.MM dan Krist Endrawati .SKM.MSi ,dimulai 12 September sampai Minggu (16/9/2018) untuk melaksanakan survei penilaian akreditasi. Kunjungan diterima Wakil Bupati Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu .C. Ht. MM. M. Si,Kepala Dinas Kesehatan Palas Leli Ramayulis,Sekretaris dr. Ummi Sahara Matondang dan Kepala Puskesmas Ujung Batu III.

Ketua Tim Akreditasi dr. Fazilet Soeprapto mengatakan,tugas tim melihat langsung keadaan puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang akan mereka survei. Pertama, administrasi dan manajemen puskesmas. Kedua, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas-sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan. Ketiga, pelayanan.

“Akreditasi ini dalam upaya menuju pelayanan berkualitas, perlindungan kepada pasien, payung hukum kepada petugas yang memberikan pelayanan, karena telah bekerja sesuai standar operasional,” jelasnya. Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi malpraktik. "Jadi, tujuan utama akreditasi puskesmas adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan dengan prima. Begitu pula petugas kesehatan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan payung hukum sesuai SOP,” katanya.

Wabup Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam sambutannya mengharapkan semua puskesmas di Palas nantinya bisa terakreditasi. Dengan terakreditasinya puskesmas di Kabupaten Palas  maka pelayanan kesehatan semakin meningkat. "Survei akreditasi yang ke 9 dilakukan Tim komisi FKTP di Kabupaten Palas adalah  Puskesmas Ujung Batu III ini, sebelumnya 7 Puskesmas telah lulus dan 1 Puskesmas masih menunggu hasil penilaian dari Komisi Akreditasi Kemenkes RI,"terang Wabup.
 
"Kita berharap  kepada  Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI  bisa memberikan penilaian yang terbaik kepada puskesmas yang akan di kunjungi. Namun jika puskesmas yang dikunjungi masih ada kekurangan sebaiknya diutarakan agar pemerintah kabupaten Palas  bisa berbenah untuk melakukan perbaikan,guna terwujudnya proses pelaksanaan akreditasi," harapnya. 

Lanjut Wabub, dirinya meminta pelayanan kesehatan di Puskesmas perlu dilakukan upaya peningkatan mutu dan kinerja juga pengembangan sistem manajemen dan mutu perbaikan kinerja secara komprehensip dan berkesinambungan menuju pelayanan prima. “Untuk melihat sejauh mana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar baku yang telah ditetapkan melalui mekanisme akreditasi sesuai  hasil survei oleh tim akreditasi,” ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Palas Hj  Leli Ramayulis SKM mengatakan, tujuan akreditasi Puskesmas adalah untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi sebagai pelayan masyarakat.

Dia melanjutkan, sehingga kedudukan aparatur pemerintah dalam pelayanan umum (public services) sangat strategis karena akan menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap penilaian akreditasi Puskesmas ini bisa lebih memotivasi kita semua yang terkait dengan pelayanan kesehatan agar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat,"terangnya
 Hj .Leli menambahkan, tim penilai dari komisi akreditasi Kementerian Kesehatan RI menyampaikan,terima kasih atas dukungannya dalam mendorong peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di puskesmas yang ada di Kabupaten Palas.
 
Melalui kegiatan penilaian akreditasi ini tambah Hj Leli ,semoga proses penilaian dapat berjalan dengan baik dan lancar. 
Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan lintas sektor dikecamatan Hutaraja Tinggi dengan Komitmen bersama terbangunnya sistim mewujudkan peningkatan pelayanan yang bermutu dan berkualitas. 

Tim surveior Akreditasi juga  memberikan apresiasi kepada Pemkab Palas atas dukungannya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat mulai dari proses survei sampai terakhir terus direspon secara baik. Hal itu  disampaikan Tim,sambung Leli, saat exit confirence atau penutupan survei di puskesmas Ujung Batu III atas dukungan pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pelayanan menuju Indonesia sehat.