BENGKULU - Perhelatan Sepeda Nusantara di Bengkulu Selatan berlangsung meriah, Sabtu (15/9/2018). Salah satu program unggulan Kemenpora dibawah payung Ayo Olahraga tersebut dilepas Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi bersama Staff Khusus Kemenpora, Tommy Kurniawan di lapangan Sekundang Setungguan depan Pedopo Bupati Bengkulu Selatan. Sekitar 4.000 lebih peserta sejak pagi pukul 05.00 WIB sudah berkumpul di lapangan Sekundang Setungguan. Selain diikuti Dirjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi juga pejabat daerah setempat juga peserta dari luar Bengkulu Selatan.

“Kegiatan Sepeda Nusantara ini sangat didukung masyarakat Bengkulu Selatan, terutama komunitas sepeda. Mereka semua ikut memeriahkan Sepeda Nusantara dan mengapresiasi Kemenpora dan Pemkab Bengkulu Selatan yang telah menggelar acara ini,” ungkap Anggi, Koordinator Komunitas sepeda Manna Kertangin.

Sebelum peserta dilepas, Plt Bupati dan pejabat lainnya serta Tommy Kurniawan melakukan senam terlebih dahulu. Setelah itu peserta dengan tertib menuju garis start dan meninggalkan lapangan Sekundang Setungguan.

Pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menyatakan terselenggaranya Sepeda Nusantara di Bengkulu Selatan, Sabtu (15/9/2018) membuat masyarakat bergairah. ”Terima kasih kepada Pak Menpora Imam Nahrowi yang memfasilitasi terselenggaranya Sepeda Nusantara di sini,” papar Gusnan usai berkeliling bersama peserta lainnya.

Dikatakan, Sepeda Nusantara baru pertama kali digelar di Bengkulu Selatan ini sangat memotivasi peserta dalam memasyarakatkan olahraga di Bengkulu Selatan. “Setelah Sepeda Nusantara, saya melanjutkan program ini dengan event sepeda lainnya. Selain itu Sepeda Nusantara ini menginpirasi saya untuk berkeliling naik sepeda ke penduduk di wilayah Bengkulu Selatan. Lebih mudah dibanding naik mobil, dapat menanyakan secara langsung program-program pemerintah ke penduduk, apakah ada kendalanya,” ungkap Pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Sepeda Nusantara di Bengkulu Selatan ini menempuh jarak kurang lebih 10 km, melintasi kawasan Pantai Pasar Bawah dimana peserta dapat mencicipi kesegaran sayur dan buah yang ada di Taman Agrowisata Padang Panjang.

Kadispora Bengkulu Selatan, Isnan Fajri usai mengikuti rute Sepeda Nusantara menyatakan, aura Bengkulu Selatan berbeda sekali. Sepeda Nusantara memotivasi masyarakat Bengkulu Selatan dalam menggelorakan olahraga. ”Dukungan semua pihak, terutama sponsor dan Kemenpora, sehingga acara ini berlangsung sukses dan meriah,” ujarnya.

Sementara itu, Tommy Kurniawan yang mewakili Kemenpora menyampaikan salam Menpora Imam Nahrawi, dikarenakan acara padat sehubungan dengan akan digelarnya Asian Para Games 2018, untuk itu berhalangan hadir di Bengkulu Selatan.

Menurutnya, program Sepeda Nusantara keren, karena masyarakat di setiap daerah antusias ikut serta dan pesertanya setiap tahun meningkat terus. "Saya lihat di Bengkulu Selatan ini sangat meriah sekali, walaupun baru pertama kali digelar. Ada 3000 lebih peserta yang ikut serta. Ini membuktikan masyarakat disini bergerak  untuk lebih sehat, ” jelas Tommy ditemui usai melepas bendera start peserta Sepeda Nusantara.

“Program Sepeda Nusantara, saya bilang keren. Di Banjarmasin saja peserta meningkat menjadi 4000 lebih dibanding tahun lalu. Begitu pula di Ternate belum lama ini. Oleh karen itu saya harapkan program ini dapat berlangsung terus tiap tahun, sebagai program pemerintah daerah bekerjasama dengan Kemenpora,” ujar Tommy.