PALAS - Upaya mewujudkan kemajuan perkembangan warga. Pemerintah Desa Sibual-buali, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) manfaatkan dana desa (DD) bangun infastruktur fisik, berupa jalan rabat, plat deker, dek penahan tanah, dan sarana olahraga, Sabtu (15/9/2018) di lokasi pemukiman warga.
 
Kepala Desa Sibual-buali Ali Soman Hasibuan, saat ditemui dilokasi menjelaskan adanya pelaksanaan bangunan dana desa, seperti bangunan jalan setapak rabat beton sepanjang 1000, lebar 1 meter, dan tinggi 10centimeter. Juga jembatan plat deker 2 titik dengan masing-masing ukuran 3x2 dan 1/2x2 meter.
 
Menurutnya, jalan rabat beton dan jembatan pelat deker menjadi kebutuhkan masyarakat desa untuk sarana akses transportasi menuju perkebunan dan pertanian. Karna selama ini tidak adanya akses diatas bukit desa tersebut.
 
”bangunan sarana fisik tersebut dapat mempermudahkan akses lalulintas untuk warga di desa dalam mengangkut hasil produksi pertanian panen seperti sawit dan getah dan lainnya,”sebutnya Kades. Dikatakan, bangunan skala prioritasnya baik sarana fisik maupun sarana olahraga sudah termasuk dalam perencanaan melalui permusyawaraan didesa yang melibatkan unsur masyarakat dan pemerintah desa.
 
Adapun turut mendampingi kepala desa dalam kegiatan, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mhd Idris didampingi tim Pengelola Kegiatan (TPK) Ramli Hasibuan mengatakan bangunan dek penahan tanah sepanjang 190 meter upaya mengantisipasi bencana alam, tanah longsor, maka aparatur desa juga melaksanakan pembangunan fisik lainnya yakni, tembok penahan tanah (TPT) sepanjang (190)meter,”terangnya.
 
Selain itu lanjut Idris, kegiatan pelaksanaan pembersihan lahan sarana olahraga yang diperuntukan untuk lapangan sepakbola kaki diharapkan menjadi sarana masyarakat karna yang dapat menumbuhkan bibit-bibit atlet sepakbola kaki.
 
Sementara, tokoh masyarakat Desa Sibual-buali Asi Muda Hasibuan menambah, adapun faslitas lainnya yang dibangun dari dana desa berupa lampu penerangan jalan menuju desa sebanyak 20 titik sampai ke pemukiman warga. Diakui Asi Muda, sebelum adanya sarana lampu jalan ini warga yang melintas mengalami kegelapan karna tidak adanya lampu penerangan, tandasnya.