MEDAN – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal BBM Medan Group, menyalurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Pemberdayaan Masyarakat bidang pengembangan di lokasi operasi senilai total Rp 733 Juta, Jumat (14/9/2018) di Lingkungan 24 Kel. Pekan Labuhan Kec. Medan Labuhan.
 
 
Penyaluran Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Pemberdayaan Masyarakat ini adalah sebagai program bantuan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar operasi.
 
Program pengembangan ini meliputi Pelatihan menjahit untuk pemberdayaan Ibu-ibu rumah tangga, Pemberdayaan kelompok ekonomi nelayan. Kelompok ekonomi nelayan mendapatkan bantuan sarana dan modal usaha serta pendampingan secara berkelanjutan untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga nelayan. Sedangkan pemberdayaan dan pelatihan pengelolaan kelompok ecobrik,  dengan upaya peningkatan derajat kesehatan dengan bantuan kelompok Posyandu.
 
Operation Head (OH) Terminal BBM Medan Group, Hari Purnomo dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa pemberdayaan masyakat serta meningkatkan perekonomian warga yg berada di daerah operasi Terminal BBM Medan Group.
 
"Sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan khususnya dibidang pemberdayaan masyarakat bagi ibu-ibu rumah tangga dan para nelayan serta pemberdayaan pengelolaan sampah dalam program Ecobrik," ungkap Hari Purnomo.
 
Hari Purnomo menjelaskan bahwa Ecobrik adalah program pengelolaan sampah plastik menjadi bernilai ekonomis dengan berbagai bentuk kebutuhan seperti kursi, meja, dinding dan sebagainya.
 
Sementara itu, Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengungkapkan  bahwa tujuan strategis program CSR Pertamina adalah meningkatkan reputasi dan kredibilitas Pertamina melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang terintegrasi dengan strategi bisnis.
 
"Komitmen Pertamina dalam melaksanakan TJSL diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus," ungkap Rudi Ariffianto. 
 
Rudi juga mengungkapkan realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR Pertamina, baik di unit operasi, Pertamina mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit (3p)