PALAS- Pemerintah Desa Binabo Jae, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) mengalokasikan dana desa (DD) tahun 2018 prioritas bangun infastruktur fisik berupa jalan, rabat, pelat dekker menuju perkebunan usaha tani.
 
Kepala Desa Binabo Jae, Sangkot Daulay, Kamis (13/9/2018) di  lokasi pekerjaan  menyatakan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) merupakan hasil musyawarah desa (Musdes) dan melibatkan (60) orang dikerjakan dengan sistem swakelola oleh masyarakat setempat.
 
Kata Sangkot, bangunan dana desa dialokasikan bangunan fisik jalan rabat beton sepanjang (750) meter, lebar (2) meter, dan tinggi (15) centimeter, yang menuju akses jalan usaha tani lingkar desa ditambah (1) unit poskamling dipemukiman warga.
 
“Akses jalan usaha tani sebelumnya sulit untuk dilalui. Saat ini dengan ada bangun jalan rabat beton ,akses para tani kelokasi persawahan  tidak sulit dilalui untuk dimanfaatkan  mengangkut hasil panen komoditi seperti ,padi, sawit, karet, dan lainnya,”terangnya Kades.
 
Adapun ketua badan permusyawaraan desa (BPD) Sabirin Daulay didampingi tim pengelola kegiatan (TPK) Muslihuddin Hasibuan menimpal, sumber dana desa dibangunnya juga plat deker sebanyak (7) unit dan poskamling (1) unit.
 
“Dengan adanya plat deker dilokasi jalan usaha tani menuju perkebunan sebagai fungsi menghubungkan antar badan jalan agar tidak putus yang menjadi ganjalan warga yang melintas, kini sudah tidak terhambat lagi,"ucap Sabirin. 
 
Turut mendampingi Kepala Desa, sekretaris desa (Sekdes) Ahmad Husin Hasibuan dan tokoh masyarakat (Tomas) Hasbullah Nasution mengungkapkan penggunaan dan desa (DD) yang dibangun tepat sasaran sesuai kebutuhan  masyarakat desa. 
 
Pemerintahan desa Binabo Jae akan terus komit dan mendukung pembangunan terutama dalam menjaga fasilitas bangunan DD ini, ucap Husin didampingi Hasbullah.