MEDAN- Kompas Travel Fair (KTF) 2018 hadir di Medan untuk pertama kalinya yang berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (7/9/2018) hingga Minggu (9/9/2018) di Centre Point Mall Medan. Opening Ceremony dimulai pada pukul 10.00 WIB dibuka dengan tari persembahan oleh Ai Ai Dancer dan dilanjutkan kata sambutan oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution,M.Si, Aufrida Wismi Warastri selaku kepala biro Kompas Sumatera serta Lina Wo,  Area Manager Bank Danamon Medan. Acara  ini juga didukung oleh partisipasi dari Travel Agents, Bank Danamon dan Institute Jantung Negara.

Untuk di Medan sendiri, alasan Harian Kompas mengadakan KTF di Medan terealisasikan Karena warga Medan memiliki minat yang tinggi untuk berwisata. “Karena berdasarkan penelitian dari teman-teman bisnis bahwa minat warga Medan untuk berwisata itu sangat tinggi. Dan juga secara kasat mata kita lihat tingkat penerbangan di Kuala Namu itu sangat tinggi,” ungkap Aufrida.

Aufrida juga menjelaskan bahwa KTF memberi kesempatan kepada  banyak orang untuk pergi menikmati wisata dan kebudayaan-kebudayaan daerah serta untuk menambah   wawasan dengan budget yang murah dan terjangkau.

Wakil Walikota Medan juga menanggapi dengan positif diadakannya acara KTF 2018 ini. Ia  berharap agar Kota Medan dapat menjadi ikon wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah sehingga diharapkan      lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan dari pada keluar daerah Medan.

“kami yakin setelah ini kunjungan ke Indonesia lebih banyak daripada orang Indonesia keluar negeri, karena Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tempatwisata” tutup Akhyar.