BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada panitia Asian Para Games 2018 untuk melakukan upaya maksimal dalam menyambut tamu negara yang akan ambil bagian dalam perhelatan olahraga tersebut.

"Pak Presiden betul-betul menginginkan suasana kegembiraan seluruh bangsa Indonesia di Asian Games kemarin, harus dilanjutkan di Asian Para Games," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Istana Kepresidenan Bogor Jumat (7/9).

Menurut Imam, upaya tersebut bertujuan agar para atlet semakin termotivasi dan gembira saat mengikuti pertandingan. Pemerintah telah menyelenggarakan rapat terbatas terkait Persiapan Asian Para Games 2018.

Rencananya 42 negara akan mengirimkan delegasinya untuk turut dalam perhelatan Asian Para Games 2018 yang diselenggarakan pada 6-13 Oktober 2018 itu.

"Terkait dengan pencapaian prestasi di Asian Para Games, kita harapkan naik dari sebelumnya di Asian Para Games Incheon peringkat 9 kita bisa naik ke 7 besar," ujar Imam.

Dia menargetkan target medali yaitu sebanyak 16-19 medali dari 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Bonus yang diberikan untuk para atlet peraih medali dalam Asian Para Games juga setara dengan atlet Asian Games 2018.

Imam menambahkan seluruh persiapan sudah dilaksanakan dan pelatnas berfokus kepada atlet secara mendetil. Seluruh kebutuhan atlet serta perlengkapan sudah dipersiapkan.***