MEDAN- Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya acara Silaturahmi dan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut  Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H, Jumat (7/9).  Silaturahmi akan  digelar di Hotel Santika Dyandra, sedangkan Tabligh Akbar  digelar di Lapangan Benteng. Direncanakan, kedua kegiatan ini akan dihadiri sekitar 10.000 peserta.

 

Dukungan dan apresiasi ini disampaikan Wali Kota ketika menerima panitia Silaturahmi dan Tabligh Akbar di Rumah Dinas Wali Kota  Jalan Sudirman Medan, Rabu (5/9). Silaturahmi dan Tabligh Akbar  yang dilaksanakan nanti mengusung tema “Ulama Berperan Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Aulia Hanif Parinduri selaku Ketua Panitia didampingi  M Ikhyar Velayati Harahap sebagai Sekretaris Panitia beserta sejumlah panitia lainnya menjelaskan, acara akan diawali dengan Silaturahmi denganmenghadirkan sejumlah  pembicara seperti Prof Dr H Imam Suprayugo (Mantan Rektor UIN Malang), Rektor UIN Sumut Prof Dr H Saidurrahman MA serta  Ketua PBNU Dr KH Marsyudi Suhud.

Dijelaskan Aulia, Silaturahmi yang dimulai pukul 08.00 WIB diisi dengan diskusi yang melibatkan tokoh agama. Dari diskusi yang dilakukan itu diharapkan dapat melahirkan semacam rekomendasi bagi umat Islam. “Rekomendasi itu seperti berisi arahan-arahan kepada umat Islam menyikapi dinamika yang terjadi saat ini sehingga tidak terjadi gesekan. Dengan demikian keutuhan dan kedaulatan NKRI tetap terjaga, jelas Aulia.

Usai Silaturahmi tambah Aulia, acara akan dilanjutkan dengan Tabligh Akbar sekitar pukul 14.00 WIB. Selain tokoh agama dan alim ulama, Tabligh Akbar juga akan dihadiri remaja masjid, perwiritan, majelis taklim serta pengajian. Tabligh Akbar akan diisi dengan tausiah yang akan disampaikan Ustad Solmed (Sholeh Mahmud) dan Ustadz Haikal (putra almarhum dai sejuta umat KH Zainuddin MZ) serta iburan religi oleh Haddad Alwi.

“Hasil rekomendasi yang dihasilkan dalam acara Silaturahmi tadi akan dibacakan di depan ribuan umat  yang menghadiri Tabligh Akbar. Untuk itu kita menghimbau agar umat Islam menghadiri acara Silaturahmi dan Tabligh Akbar ini. Dengan demikian situasi Sumut, terutama Kota Medan aman dan kondusif. Apalagi pasca penetapan calon Pilpres, Sumut yang perdana menyelenggarakan kegiatan konsolidasi umat Islam,” harapnya.

Atas dasar itulah, jelas Aulia, mereka minta izin dan dukungan dari Wali Kota sehingga Silaturahmi dan Tabligh Akbar berjalan dengan baik dan lancar. “Di samping itu kita mengundang agar Bapak Wali Kota untuk menghadiri  Silaturahmi dan Tabligh Akbar, sebab beliau selama ini dikenal  sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sifatnya religi,” paparnya.

Didampingi Kepala Bappeda Kota Medan Wirya Al Rahman, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kabag Agama Adlan dan Kabag Humas Ridho Nasution, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas digelarnya Silaturahmi dan Tabligh Akbar tersebut.

“Pemko Medan beserta seluruh jajaran senantiasa mendukung penuh setiap kegiatan  yang  bersifat religi. Kita harapkan melalui acara ini dapat meningkat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan yang kuat. Dengan demikian dapat menyikapi dengan arif dan bijkasana dinamika yang terjadi saat ini. Di samping itu tentunya sebagai refleksi diri sekaligus mendekatkan diri kepada Sang Khalik dengan memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam I Muharam 1440 H,” ujar Wali Kota.