MEDAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XV di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu (5/9/2018). UKW yang diikuti 60 orang peserta tersebut berlangsung hingga Kamis (6/9/2018).

Hadir dalam prosesi acara pembukaan Pj Gubsu diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Provsu HM Ayub SE, Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua Bidang Organisasi Sasongko Tedjo, Ketua Bidang Pembinaan Daerah Atal S Depari beserta sejumlah Penguji UKW PWI Pusat yakni Uyun Achadiat, Amir Machmud, Sayid Iskandarsjah, Hadi Prayogo, Ronny Simon, Dedi Sahputra MA, dan H. Hermansjah SE yang juga Ketua PWI Sumut.

Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun dalam sambutan mengatakan, UKW merupakan rekonstruksi dari tugas sehari-hari yang dilakukan wartawan mulai dari level reporter di lapangan, redaktur dan pemimpin redaksi. "UKW dilaksanakan sebagai amanah dari Undang Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers yang ditindaklanjuti melalui keputusan Dewan Pers tentang Standard Kompetensi Wartawan," kata Bangun yang juga Wakil Ketua Dewan Pers.

Sementara Pj Gubsu dalam sambutan dibacakan Sekretaris Dinas Kominfo Provsu HM Ayub SE mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut positif terselenggaranya kegiatan UKW yang dilaksanakan PWI Sumut.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia (SDM) jurnalis Sumatera Utara di tengah-tengah masyarakat serta dapat membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas jurnalis dalam menyampaikan informasi kebijakan pemerintah khususnya di wilayah Sumatera Utara. Karena hanya dengan peningkatan SDM, maka kualitas kita akan meningkat dan tentu akan berdampak positif bagi peningkatan peran dan kontribusi para jurnalis, sehingga diharapkan dapat mewujudkan 'good media' di Sumatera Utara," papar Pj Gubsu.

Sebelumnya Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE dalam sambutan mengatakan, kegiatan UKW yang dilaksanakan sangat penting dalam upaya menghadirkan wartawan yang cerdas, berkualitas dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat.

Hermansjah berharap agar seluruh peserta serius, tertib dan disiplin selama dua hari mengikuti UKW. Karena jika terlambat dari waktu yang telah ditetapkan penguji, peserta bisa tidak lulus," kata Herman. ***