LABUHANBATU - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi mengapresiasi KNPI Labuhanbatu yang mendorong pemerintah untuk mewujudkan kabupaten layak pemuda.

Hal itu terungkap saat pengurus KNPI Labuhanbatu beraudensi ke Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi, Selasa (4/9/2018) di ruang kerjanya.

"Saya menyambut baik dan siap sepenuh hati serta daya upaya menjadikan program kabupaten layak pemuda di Labuhanbatu. Akan kita kaji contoh peraturan dari (Pemprov) NTT tentang program pemberdayaan kepemudaan yang diserahkan KNPI ini ke Kabag Hukum agar juga dibuat di kabupaten ini dan ke depan akan kita maksimalkan anggaran kepemudaan," jawab H Andi.

Ketua DPD KNPI Labuhanbatu, Hamzah Syah'bani Nasution menjelaskan, lahirnya gerakan ini adalah seirama dengan peluncuran program oleh Kemenpora RI terkait kabupaten layak pemuda. Di mana di tahun 2017 secara nasional hanya ada 10 kabupaten kota yang mendapatkan penghargaan

"Harapannya tahun 2019 Kabupaten Labuhanbatu masuk kategori kabupaten layak pemuda," harap Hamzah. Hamzah pun menceritakan kriteria yang telah ditentukan dalam program ini. Yakni adanya peraturan pemerintah daerah tentang kepemudaan. Misalnya ada perbup atau perda kepemudaan. Di mana isinya terkait keterlibatan pemuda dalam program daerah terkhusus kepemudaan.

"Kemudian adanya fasiltas dan publikasi kegiatan kepemudaan, ketersediaan anggaran kepemudaan yang dikucurkan pemerintah, adanya fasilitas infrastuktur kepemudaan misalnya adanya gedung pemuda dan adanya gelanggang remaja dan lain sebagainya," paparnya.

Hamzah Syah'bani Nasution juga angat mengapresiasi kinerja Plt Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe dan berharap seluruh elemen kepemudaan dan insan Pers serta segala sektor ikut turut membantu mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu layak pemuda. "Bukan hanya sebatas itu saja, tapi lebih kepada aplikasinya," pintanya.