MEDAN-Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita (Polwan).

 

Pada HUT ke-70  bertemakan 'Mewujudkan Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019' itu, Kapolri, Jendral Pol HM Tito Karnavian menyampaikan syukur atas limpahan Rahmat dan karunia Tuhan yang Maha Kuasa sehingga masih diberikan kesehatan dalam melaksanakan peringatan Ulang Tahun Polwan ke-70 Tahun 2018 dalam penuh kebersamaan.

"Pimpinan polri kepada seluruh polwan atas prestasi dan kinerja dan semoga polisi wanita terus berkarya dalam meningkatkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," ujar Kapolri dalam amanat tertulisnya dibacakan Kapolda Sumut, Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH di Lapangan Apel Mapolda Sumut, Senin, (3/9/2018).

Lanjut dijelaskan Kapolda Sumut, profesionalisme pelaksanaan tugas Kepolisian kedepan akan membutuhkan kehadiran Polisi-polisi wanita yang profesional. "Untuk itu negara, institusi kepolisian dan polisi wanita harus terus berbenah diri untuk mewujudkan jumlah, profesionalisme dan posisi jabatan bagi polisi wanita Indonesia," jelas mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri ini.

Dijelaskannya, selain profesionalisme Kepolisian, Polisi Wanita Indonesia juga mengukir prestasi-prestasi di luar tugas rutin kepolisian seperti Polwan berperan aktif dalam pasukan perdamaian PBB. Polwan mengukir prestasi pada dunia olahraga seperti bela diri judo, terjun payung, angkat  besi, taekwondo, menjadi bagian dari tim bola voly dan sepak takraw putri Indonesia.

“Polwan juga berkiprah dalam memecahkan rekor dunia dalam pendakian puncak gunung Cartenzs dan polwan juga memecahkan rekor dunia dalam membentangkan bendera merah putih terpanjang di bawah laut," jelas Alumnus Akpol Tahun 1989 ini.

Selain itu, orang nomor satu di Mapolda Sumut ini menyampaikan bahwa peranan wanita sangat berarti bagi institusi Polri karena amat membantu tugas-tugas Kepolisian, khususnya di bidang perlindungan perempuan dan anak."Oleh karenanya, kepada para polwan, tetaplah menjadi seorang wanita yang mampu menjadi seorang ibu, istri dan abdi negara," tuturnya.

Tampak hadir Irwasda Polda Sumut, Ibu Asuh Polwan Polda Sumut Ny Evi Agus Andrianto, pejabat utama Polda Sumut, para Kapolres/tabes sejajaran Polda Sumut, purnawirawan Polwan, para perwira dan bintara Polwan sejajaran Polda Sumut. Tidak sampai di situ, selesai upacara, acara dilanjutkan dengan peragaan baris-berbaris, atraksi motor patroli, senam tongkat dan borgol.

Sebelumnya, untuk memeriahkan HUT Polwan ke-70 di Polda Sumut, dilaksanakan beberapa kegiatan pendahuluan antara , sosialisasi kanker payudara dan serviks, tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dan menjadi Inspektur Upacara di sekolah-sekolah.