PALAS- Upaya meningkatkan hasil panen produksi petani, Desa Tanjung, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) membangun akses sarana jalan usaha tani (JUT) rabat beton menuju ke lokasi perkebunan dan pertanian, Minggu (2/9/2018)
 
 
Kepala Desa Tanjung  Kecamatan Ulu Barumun, Sumardi Hasibuan mengatakan pembangunan jalan usaha tani rabat beton yang menuju ke lokasi pertanian dan perkebunan warga melalui sumber dari anggaran dana desa (DD) tahap (II) TA 2018 dengan memberdayakan masyarakat secara swakelola.

Mardi menjelaskan, bangunan jalan usaha tani (JUT) rabat beton, yang memiliki volume tinggi ketebalan 10cm, lebar 1,60m, panjang  2,556m. Jalan ini juga sekaligus menghubungkan antar desa ke Desa Paran Batu, Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas.
 
“pembangunan tersebut sudah diprioritaskan oleh warga setempat melalui musyawarah desa (Musdes) untuk jalan usaha tani rabat beton, untuk itu petani tidak lagi kesulitan dalam hal mengangkut hasil panen berupa karet, kopi, durian, dan kemiri,”terangnya Mardi, kepada GoSumut, Minggu (2/8/2018) sembari menunjukan lokasi pekerjaan DD di Desa Tanjung.
 
Tidak hanya itu BPD, Abdul Muluk, didampingi tokoh masyarakat Syahrun mengungkapkan, pembangunan ini merupakan jalan usaha tani yang mengangkut hasil produksi pertanian dan sekaligus menghubungkan akses jalan antar desa ke desa Paran Baru, Kecamatan, Ulu Barumun.
 
“selama ini akses jalan menuju perkebunan sulit dilalui kendaraan sehingga menunggu waktu berhari, apalagi ketika datangnya musim hujan sangat tidak mungkin untuk dilalui,”bebernya. Semoga adanya pembangunan yang bersumber anggaran dana desa (DD) dapat memberi manfaat besar dan peningkatan besar bagi kalangan petani,ujarnya