MEDAN-Profesionalisme Polisi Wanita (Polwan) dalam menjalankan tugas tertentu saat ini telah menjadi bagian penting dalam organisasi Polri. Sebab, kodratnya sebagai wanita mampu melahirkan sentuhan-sentuhan Kepolisian pada bidang tertentu lebih efektif dan humanis khususnya pada penanganan terhadap wanita dan anak-anak.

 

Hal tersebut disampaikan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi menjawab GoSumut terkait Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan ke-70, Minggu, (2/9/2018).

“Sentuhan Polwan sebagai wanita juga menghasilkan kelembutan yang dapat mencairkan suasana di tengah perbedaan dan pemaksaan kehendak di antara dua pihak yang berhadapan. Sifat keibuan yang dimiliki oleh seorang polwan juga dapat memberikan perasaan mengayomi yang dirindukan oleh setiap orang, karena secara umum manusia pada dasarnya sangat dekat dengan ibunya,” ujar Kombes Pol Dadang.

Lebih jauh mantan Koorspripim Kapolri ini menerangkan, integritas seorang Polwan juga seringkali dianggap lebih karena kepatuhan terhadap norma-norma obyektif. “Polwan juga dalam penampilannya yang lembut, juga dapat menjadi personil polri yang memiliki kekuatan yang tegas dan kuat sehingga tidak heran bila para polwan juga mampu secara profesional bertugas pada wilayah Hot Spot dan tugas-tugas yang menantang,” terang Dadang.

Oleh karenanya, peraih Naskah Strategi Perorangan (Nastrap) terbaik pada Pendidikan Regional (Dikreg) ke-26 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) ini menjelaskan, organisasi Polri telah membuka kesempatan pada para Polwan untuk berkarir secara luas pada bidang dan jenjang apapun termasuk pada tugas-tugas kewilayahan seperti Kapolsek, Kapolres dan Kapolda termasuk karier yang lebih tinggi lagi.

“Pencapaian oleh polwan ini memang sepatutnya karena kemampuan profesionalisme, moral serta integritasnya. Semoga polwan semakin jaya dan lebih memberikan kemajuan bagi organisasi polri,” jelas Kombes Pol Dadang. Selain itu, kata Dadang, kekuatan Polwan yang hebat menjadi kepercayaan masyarakat terhadap polri semakin baik.“Dirgahayu polwan yang ke-70, semakin sukses dan semakin hebat,” tandas Alumnus Akpol Tahun 1994 ini.