MEKKAH-Jemaah Haji Kabupaten Mandailing Natal tergabung dalam Kloter 3/MES menyempurnakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji thawaf ifadhah dan sa’i.

 

Rangkaian ibadah tersebut disempurnakan para jemaah pada hari Sabtu 25 Agustus 2018 di Masjidil Haram Makkah Al Mukarramah.

“Thawaf ifadhah dan sai adalah bagian dari rangkaian ibadah haji, jika tidak dilaksanakan maka hajinya tidak sempurna atau tidak sah. Pelaksanaan thawaf ifadhah dan sai pada tengah malam Sabtu dinihari bersama dengan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia yang ingin menyempurnakan pelaksanaan ibadah hajinya sekitar pukul 12.00 Waktu setempat,” ujar Tim Pendamping Ibabdah Haji Indonesia (TPIHI) H Ahmad Zainul Khobir, S.Ag, MM lewat keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Senin, (27/8/2018).

Zainul Khobir mengatakan, jemaah haji yang thawaf dan sai malam ini cukup padat dan ramai, karena sebagian besar dari jemaah haji yang mengambil nafar tsani baru malam ini melaksanakan thawaf, dan sebagian jemaah haji ada yang melaksanakan thawaf wada’ yaitu thawaf perpisahan karena akan meninggalkan kota suci Makkah Al-Mukarramah pulang ke Tanah Air atau tempat tinggal masing masing.

“Kendati area tempat pelaksanaan thawaf yaitu lingkaran sekeliling Kabah dan sai haji padat dan penuh sesak oleh jemaah, namun jemaah haji Kabupaten Mandailing Natal yang dipandu dan dibimbing TPHI, TPIHI dan KKSU serta dibantu Ketua Regu dan Ketua Rombongan dapat melaksanakan thawaf dan sai haji dengan baik dan lancar, hingga pelaksanaan tahallul tsani,” katanya.

Dia mengharapkan, selama pelaksanaan thawaf dan sai tersebut, para jamaah tidak ada yang terpisah dari rombongannya masing masing atau yang hilang, karena para jemaah begitu disiplin dan mematuhi apa yang disampaikan petugas kloter.

“Semoga jamaah haji ini kembali ke tanah air membawa predikat haji mabrur,” harapnya.