JAKARTA – Cabang pencak silat benar-benar menjadi primadona Kontingen Indonesia pada Asian Games XVIII. Tidak tanggung-tanggung, dari cabang olahraga beladiri warisan leluhur bangsa Indonesia ini diraih 8 medali emas Ternyata rahasia kesuksesan itu kata Sekjen Pengurus Besar katan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI), Erizal Chaniago, tidak terlepas dari semangat juang para pesilat Indonesia untuk meraih prestasi.

Menurut Erzal yang ditemui usai pengalungan medali di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah(TMII) Jakarta, Senin(27/8/2018), kunci kemenangan para pesilat Indonesia selain semangat juang yang tinggi adalah kecepatan atau speed tinggi.

"Selama mereka melakukan persiapan, kami memang lebih memfokuskan kepada peningkatan kecepatan atau speed mereka selain dari kualitas teknik," kata pria yang juga merupakan Caleg DPRI-RI dari Partai Gerindra Dapil Sumatera Barat II itu.

Tak hanya itu, faktor fisik dan mental para pesilat nasional pun terus diasah. Untuk itu, pihaknya juga menyiapkan tim psikolog untuk menjaga mental para atlet.

"Memang target khusus dari Ketua Umum Pak Prabowo adalah 8 emas. Tapi kami maaih memiliki peluang lagi di partai final 6 emas lagi, Rabu(29/8/2018) lusa," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, pihaknya memang sengaja tidak menggembar-gemborkan persiapan para pesilat menghadapi Asian Games ini. Mereka diwajibkan untuk fokus pada persiapan dengan berbagai latihan di dalam maupun luar negeri seperti di China untuk menempa fisik mereka.