JAKARTA – Memasuki hari kelima, Kamis (23/8/2018) setelah pembukaan, Kontingen Indonesia masih bisa menambah perbendaharaan medali. Beruntung ada cabang non Olimpiade yakni Panjat Tebing dan Paralayang.

Dua medali emas, satu perak dan satu perunggu masih bisa dihasilkan Pasukan Merah Putih. Di paralayang, Jafro Megawanto memasok satu emas dari nomor ketepatan mendarat perorangan sedangkan di panjat tebing ada sang maestro panjat tebing,  Aries Susanti Rahayu yang meraih emas dan rekannya Puji Lestari dengan perunggu dari nomor women’s speed.  Medali perunggu juga dihasilkan dari cabor panjat tebing lewat Aspar Jailolo di nomor men”s speed.

Pasokaan medali itu menjadikan Kontingen Indonesia masih bertahan di peringkat kelima klasemen perolehan medali sementara dengan 8 emas, 6 perak, dan 10 perunggu. Kontingen China masih tetap teratas dengan 52 emas, 38 perak dan 20 perunggu. Peringkat kedua ditempati Jepang dengan 32 emas, 26 perak dan 30 perunggu, Korea di peringkat ketiga dengan 15 emas, 20 perak, 27 perunggu dan Iran dengan 10 emas, 8 perak, 8 perunggu di peringkat keempat.   

Dari cabang taekwondo yang memasok 1 emas lewat Defia Rosmaniar dan angkat besi dengan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu sudah tidak bisa diharapkan lagi. Begitu juga cabang wushu yang sudah memasok 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.  Ketiga cabang olahraga Olimpiade ini sudah menyelesaikan seluruh pertandingan.

Ya, kita memang masih bisa menambah perolehan medali bahkan bisa memenuhi target 16 medali emas seperti yang telah direncanakan. Apalagi, beberapa cabang andalan masih belum dipertandingkan di antaranya pencak silat, karete, bridge yang belum memasuki babak final, bulutangkis yang baru memulai babak penyisihan.

Daftar Sementara Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2018 :

EMAS

1. Taekwondo (Defia Rosmaniar)

2. Wushu (Lindswell)

3. Cycling - MTB Downhill (Tiara)

4. Cycling - MTB Downhill (Mukib)

5. Weightlifting (Eko Yuli Irawan)

6. Paragliding (Hening Paradigma, Thomas Widyananto, Rony Pratama, Jafro Megaranto)

7. Paragliding (Japro Megaranto)

8. Sport Climbing (Aries Susanti Rahayu)

PERAK

1. Wushu (Edgar)

2. Weightlifting (Sriwahyuni)

3. Paragliding (Rika Wijayanti, Ike Ayu Wulandari, Eka Nesti Wulandari)

4. Badminton (Ginting,dkk)

5. Rowing (LM4-)

6. Sport Climbing (Puji Lestari)

PERUNGGU

1. Cycling - MTB Downhill (Nining)

2. Weightlifting (Suratman)

3. Wushu (Achmad Hulaefi)

4. Badminton (Greysia Polii, dkk)

5. Sepaktakraw (Herson Muhammad, dkk)

6. Wushu (Widiyanto Yusuf)

7. Wushu (Riyaya P)

8. Rowing (Julianti & Rokayah)

9. Paragliding (Rika Wijayanti)

10. Sport Climbing (Aspar Jailolo)