MEDAN- Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH disambut  Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Suryadi Bahar di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Selasa (21/8).

Agus Andrianto baru saja dilantik oleh Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian, Senin (20/8), di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan. Agus dilantik untuk menggantikan Kapolda Sumut sebelumnya Irjen Pol Paulus Waterpauw yang telah memimpin Polda Sumut sejak Juni 2017.

“Hari ini, kita menyambut kedatangan Kapolda baru kita, yang juga merupakan sahabat lama kita, karena Pak Agus sebelumnya juga telah bersama kita sebagai Wakapolda Sumut,” ujar Suryadi, saat menunggu kedatangan Agus.

Kedatangan Agus dan istri disambut meriah dengan suguhan tari persembahan adat Melayu. Sesaat setelah turun dari pesawat, Agus langsung disambut dan disalami oleh Suryadi Bahar. “Selamat atas pelantikan Bapak sebagai Kapolda, dan selamat bertugas Pak,” ucapnya.

Agus kemudian dikalungi bunga oleh pasukan polisi cilik Deli Serdang, dilanjutkan dengan penyematan pakaian adat Melayu oleh Sultan Serdang Tengku Ahmad Tala’a dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan.

Memasuki VIP Room Kualanamu, acara penyambutan dilanjutkan dengan berbincang dan beramah-tamah. Dalam perbincangan tersebut, Agus berterima kasih atas sambutan yang meriah sekaligus hangat, yang diterimanya.

“Sebelumnya, saya sudah bertugas sebagai Wakapolda. Namun, kali ini saya akan bertugas sebagai Kapolda. Saya berharap kita semua bisa melanjutkan kerja sama yang baik seperti sebelumnya, dan mohon bantuannya selama saya bertugas,” tutur Agus. 

Turut hadir dalam acara penyambutan tersebut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Brigjend Marsauli Siregar, Komandan Pangkalan TNI AU Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, mewakili Kodam I Bukit Barisan, mewakili Lantamal I, mewakili Kosekhanudnas III, jajaran PJU Polda Sumut dan Polres Deli Serdang, serta tokoh masyarakat Ketua Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Bunda Indah.