JAKARTA - Spektakular, kata-kata itu yang paling pas untuk kemasan empat jam pertunjukan yang disajikan Panitia Asian Games (INASGOC) pada acara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Penampakan panggung dengan pegunungan, pepohonan hijau, air terjun, dan semburat cahaya biru yang menunjukkan keindahan alam Indonesia.

Kemudian, Presiden Joko Widodo muncul di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan naik motor gede yang.mendapat sambutan riuh para pengunjung. 

Lalu muncul ribuan penari di tengah lapangan menambah semaraknya suasana. Mereka menarikan tarian khas Aceh, Tari Saman diiringi lagu Bunga Jeumpa.

Gerakan indah yang disajikan penari di bawah arahan koreografer senior, Denny Malik dengan 50 asistennya ini cukup.memukau pengunjung dan tamu undangan.

Sebanyak 4.000 penari di antaranya 1.600 pelajar dari 18 sekolah di Jakarta yang memadati panggung raksasa upacara pembukaan Asian Games 2018 itu menampilkan berbagai tarian khas Indonesia.

Di panggung itu jelas ada tiga segmen yang terlihat. Pertama, segmen air yang menggambarkan masa kejayaan Majapahit mengingatkan kita sebagai masyarakat bahari yang mempunyai wilayah terluas di zamannya.

Kedua, segmen api yang memperlihatkan tentang semangat generasi muda Indonesia yang membara untuk menjadi yang terbaik. Terinspirasi dari Spirit of Kecak.

Ketiga segmen yang melukiskan bahwa generasi muda bangsa sadar akan kekuatan keberagaman dan kesatuan, tetapi tetap membuka diri untuk belajar dan berkolaborasi dgn ragam dari luar sebagai spirit Energy of Asia.***