MEDAN -Dalam rangka turut serta meramaikan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, DPC Ikatan Pengusaha Muslimah Kota Medan telah menggelar kegiatan bakti sosial yang berlangsung selama dua hari, 13-14 Agustus lalu di Kecamatan Percut Sei Tuan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Bakti sosial tersebut meliputi pelayanan kesehatan berupa pengobatan mata dan operasi katarak gratis bagi kalangan masyarakat yang tidak mampu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD IPEMI Kota Medan, Sri Wahyuni, SH, dalam kesempatan temu wartawan di sekretariat IPEMI Medan, belum lama ini. Dipaparkannya lebih jauh, bahwa kegiatan bakti sosial itu digelar sebagai wujud kepedulian sosial dari IPEMI Medan kepada kalangan masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, untuk mendapatkan bantuan kesehatan yang dibutuhkan.

Patut diingat bahwa pengobatan mata maupun operasi katarak merupakan salah satu layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat tidak mampu, mengingat biaya yang diperlukan untuk melaksanakannya secara mandiri terhitung cukup mahal.

“Kami dari IPEMI Medan mencoba mengisi moment peringatan HUT RI ke-73 sebagai semangat untuk berbuat dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu, sehingga mereka mampu mendapatkan kesempatan yang sama dengan orang-orang yang lebih mampu. Dalam hal ini tentu saja terkait kebutuhan akan pelayanan medis, khususnya yang berhubungan dengan mata,” ujar Sri Wahyuni.

Menurut Sri Wahyuni, bakti sosial ini diadakan sebagai inisiatif bersama seluruh pengurus dan anggota IPEMI Medan, yang juga diharapkan dapat menjadi jembatan untuk mengenalkan organisasi yang dipimpinnya kepada masyarakat luas.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui keberadaan IPEMI, kedepannya Sri Wahyuni optimis, akan semakin banyak program-program sosial maupun ekonomi yang telah digagas di dalam kepengurusan, dapat terealisasi dengan baik dan tepat sasaran.

Kegiatan bakti sosial ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dan Puskesmas-Puskesmas yang ada. Juga melibatkan tim dokter spesialis mata berpengalaman dengan tujuan agar pelayanan medis yang diberikan dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sri Wahyuni juga menegaskan bahwa pelaksanaan bakti sosial tersebut diperuntukkan bagi seluruh anggota masyarakat yang kurang mampu, tanpa adanya persyaratan tambahan yang memberatkan.

“Bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk realisasi agenda program kerja IPEMI Medan, yang diselaraskan dengan semangat HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia dan meneladani semangat juang para pahlawan yang telah mempertaruhkan seluruh yang dimilikinya demi bangsa dan negara,” kata Sri Wahyuni didampingi para pengurus IPEMI Medan lainnya.

Lebih lanjut ia berharap agar kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat.

Ia juga menegaskan bahwa bakti sosial akan menjadi salah satu agenda rutin IPEMI Medan dan akan diselenggarakan di berbagai wilayah Kota Medan dan sekitarnya pada waktu-waktu mendatang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar.***