JAKARTA – Pelatih timnas U-23 Hongkong, Kar Lok Kanneth Kwok mengakui skuatnya akan menghadapi laga berat saat menghadapi Timnas U 23 Indonesia pada babak penyisihan terakhir Grup A cabang sepakbola Asian Games XVIII yang dimainkan di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/8/2018) mulai pukul 19.00 WIB.

"Saya tahu ini laga berat karena yang kami lawan adalah tim tuan rumah yang akan didukung oleh para suporternya. Makanya, kami harus siap menghadapi tekanan dan berusaha bermain semaksimal mungkin," tegasnya. 


Apa yang diungkapkan Kar Lok cukup beralasan. Pasalnya, Timnas U-23 Hong Kong akan kehilangan Recio Comi Fernando, pemain naturalisasi andalannya yang mengalami cedera serius.

Diketahui bahwa timnas Hongkong mempunyai tiga pemain naturalisasi saat berlaga di Asian Games 2018 yakni Lilly Nunez dari Mexico, Recio Comi Fernando dan Tarres Paramo Jorge dari Spanyol.


Pada sesi latihan yang dilaksanakan di lapangan ABC komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (19/8/2018) sore, Fernando tidak ikut latihan bersama rekan-rekannya.
Dia menjalani latihan terpisah dan hanya melakukan lari- lari kecil di pinggir lapangan.

Menurut Kar Lok Kanneth Kwok, Fernando mengalami cedera ligamen dan berpeluang absen saat menghadapi timnas Indonesia. "Anda bisa lihat sendiri dia (Fernando-red) tidak bisa ikut latihan bersama. Dia memang masih cedera," kata Kwok.

Namun demikian, Kwok tidak terlalu khawatir dengan absennya Fernando, karena banyak pemain lain yang bisa dijadikan alternatif pengganti. "Kami banyak stok pemain yang bisa menggantikan, kami tidak khawatir dengan kondisi dalam tim kami," katanya.


Ia justru mengaku was-was dengan faktor psikologi para pemainya saat menghadapi timnas Indonesia, utamanya terkait tekanan para suporter tim Merah Putih di lapangan.

"Kami tahu Indonesia sebagai tuan rumah akan didukung oleh suporter fanatik, kami berharap itu tidak menjadi beban mental bagi para pemainnya," tegasnya.