PALAS- Pemerintah Desa Siolip, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) membangun program infastruktur akses sarana jalan setapak timbun sertu pasir batu serta kiri kanan dek penahan sepanjang 727 meter melalui anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) Minggu, (19/8/2018) Kepala desa Siolip Kholid Nasution didampingi ketua BPD, H Marakuf Hasibuan dan Tokoh masyarakat Amir Hasan Harahap mengatakan pembangunan tahap kedua 40 persen yang memprioritaskan pembangunan akses jalan setapak timbun sertu pasir dan dek penahan kiri-kanan sepanjang 727 meter ke lingkaran perkebunan dan pertanian.

"Dengan adanya pembangunan fisik infastruktur jalan timbunan sertu ke pemukiman warga dapat meningkatkan perekonomian perkebunan dengan mendukung sarana transportasi bagi masyarakat yang mengangkut hasil panen sawit maupun karet dari lokasi kebun warga yang berada di pelosok perdesaan",ucapnya.
 
Ia menjelaskan, sarana fisik jalan yang dibangun menggunakan anggaran dana desa (DD)  Tahun 2018 sepanjang 727meter  dengan sistem pekerjaan swakelalo dengan memberdayakan masyarakat sebagai tenaga kerjanya.
 
Selain itu, lanjut kades siolip, dibangunnya plat decker di lokasi jalan yang menuju persawahan berfungsi sebagai jembatan penghubung yang memiliki fungsi sebagai menyatukan sarana jalan agar tidak terputus yang menjadikan gangguan bagi warga yang melintas.
 
"Terbukanya akses sarana jalan ke lokasi perkebunan Petani kini tidak lagi kesulitan membawa hasil produksi panen seperti kelapa sawit, karet , padi dan lainnya, sehingga hasil panen dapat diangkut dengan mudah. Sebelumnya diangkut memakan waktu berhar-hari," tandasnya.