PALAS- Wakil Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. CHt. MM.M.Si mengukuhkan  58 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2018. Prosesi pengukuhan dilaksanakan  di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan,  Kamis (16/8/2018).

Prosesi pengukuhan diawali pembacaan ikara janji dan sumpah , dilanjutkan penciuman bendera pusaka merah putih  oleh pasukan Paskibra . Usai pengukuhan , secara  simbolis Wabup  menyematkan selendang kepada  anggota Paskibraka asal SMAN 1 Barumun Wilda Paramita Sari. Gadis ini  dipercayakan sebagai  pemimpin upacara pengukuhan anggota Paskibra,dilanjutkan penandatangan pengukuhan oleh Wakil  Bupati. Anggota Paskibra yang dikukuhkan  akan bertugas  mengibarkan Bendera Merah Putih , pada kegiatan  upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-73 di Lapangan MAN Sibuhuan,Jum,at (17/8/2018) 

Sambutan Bupati Palas yang dibacakan Wabup drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. CHt. MM. M.Si  mengatakan,  terpilihnya siswa-siswi tingkat SLTA menjadi anggota paskibra tentu sebagai generasi muda calon penerus pembangunan bangsa yang mau bekerja keras, kreatif, dan inovatif untuk mencapai kemajuan bersama bagi NKRI.

"Pengukuhan paskibra memiliki makna simbolik yang amat penting, yaitu sebagai manifestasi dari upaya pewarisan nilai-nilai pejuang kepada generasi penerus bangsa. Siswa-siswi yang terpilih, haruslah bangga, untuk menjadi paskibra tidaklah mudah dan yang dipilih harus melalui seleksi yang amat ketat,"ucapnya. 

Adik - adik Paskibra yang dikukuhkan ,katanya,merupakan pewaris pelestarian nilai perjuangan , yang dipilih melalui seleksi yang sangat ketat untuk mengemban tugas mulai ini. Menurut Wabup,pasukan Paskibra harus memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, sekaligus memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan didukung faktor kesehatan yang sehat jasmani dan rohani. 

Pasukan paskibra memiliki peran serta strategis tentang historis sejarah perjuangan bangsa untuk mewujudkan kemerdekaan RI. "Sebagai anggota paskibra harus memiliki ketajaman bagikan mata pisau , dan berkarakter yang baik serta memiliki prestasi yang baik pula sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa serta negara ,"pinta Wabup.

Ia menambahkan, Purna Paskibra Kabupaten Palas yang berkarakter dan berprestasi baik, tentu memiliki peluang kesempatan yang cukup banyak dalam berkarir untuk mengukir jati diri sebagai paskibra yang mampu memberikan contoh sebagai generasi muda yang berbakti dan berkwalitas.

Acara turut dihadiri Kadispora Palas Ali Jambi Hasibuan,sejumlah Pimpinan OPD,  Perwira Penghubung Mayor Inf  S. Pasaribu,  Danramil 08 Barumun Kapten Inf.Fahri Batubara, Kapolsek Barumun AKP Sudirman. SH,Sekda Arpan Nasution, Pelatih Paskibra dari Koramil 08 Barumun Serma Aman P.Nasution  beserta undangan lainnya.