SERGAI - Kecintaan akan arti kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sangat peka bagi generasi mudapara pelajar di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Hal itu dilihat hampir seluruh sekolah Dasar di Sergai melaksanakan kegiatan perlombaan.

Aneka ragam kegiatan sangat terlihat dilakukan para pelajar sekolah dasar dihampir seluruh sekolah di Kabupaten Sergai. Mulai dari parade kompoi membawa bendera merah putih, lomba lari goni, lomba makan kerupuk, lompa sepeda, lomba tiup bola dan perlombaan lainnya.

Sementara dana untuk kegiatan perlombaan tersebut berasal dari swadaya para guru disekolah masing-masing mereka kumpul dengan tujuan membangkitkan semangat pelajar akan cinta kemerderaan.

“Kiat tanamkan pendidikan karakter pelajar sejak diri arti cinta akan kemerdekaan,” ujar Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM, Kamis (16/8) siang.

Bagi Joni, kegiatan perlombaan dilakukan pelajar di Sergai dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 73 bukan semata-mata untuk hura-hura. Namun lebih mengutamakan dalam menanamkan jiwa patriot dan rasa bersyukur atas jasa para pahlawan melawan penjajah dengan satu tujuan kemerdekaan.

“Menanamkan pendidikan karakter akan cinta negara dan bangsa terus kita tanamkan bagi pelajar di Sergai,” ujarnya.

Dikatakan Joni, perjuangan para pahlawan Indonesia untuk merdeka telah mempertaruhkan harta, keluarga dan nyawa. Perjuangan mereka tidak bisa kita balas, namun kita harus menghargai perjuangan mereka dalam kemerdekaan sampai tetes darah terakhir.

“Untuk itu kita tanamkan jiwa patriot pelajar dengan cara menghargai jasa para pahlawan dengan menyemarakkan HUT RI ke 73 melalui beragam perlombaan,” bilangnya.***